kue kering-kripik pengetahuan-umum

Tips Kue Kering By Lucia Sisworini

Hanya me-refresh ingatan saja karena sudah mulai sibuk membuat kue kering Lebaran.
TIPS agar kue kering enak renyah dan ngeprul lumer di lidah:
1. Perbandingan butter/mentega/roombutter dengan margarine sawit 50%-50% atau 1:1. Atau butternya minimal 30% dari total jumlah lemak. Misalnya dalam resep 300gr, maka kombinasi yang baik adalah butter minimal 100gr. Kurang dari itu, kuenya hanya dapat renyahnya aja tapi kurang lumer.

2. Telur, butter, margarine HARUS DINGIN baru keluar dari kulkas. Tanda suhunya benar ya lihat di wadah buat mengadon, berembun nggak? Mixernya sebentar saja. Asal campur. Ketika masuk tepungnya, aduk pakai spatula. Jangan pakai tangan. Tidak perlu digilas ulen.

3. Ambil adonan secukupnya untuk dibentuk di loyang. Selebihnya masuk kulkas dulu. Adonan yang sudah dibentuk pun masukkan dulu ke kulkas sebelum masuk oven. Ini menjaga agar butter tidak meleleh lalu menjadi minyak yang menggenangi adonan. Kue jadi keras nanti.
Butter Wijsman termasuk yang mudah meleleh pada suhu ruang. Sama dengan Anchor. Kalau Ell&Vire dan Lurpak lebih tahan sedikit.

*Roombooter/roombutter kadang-kadang hanya sebutan agak keliru oleh penjaga/pelayan toko di TBK. Sering bilangnya roombutter tapi sebenarnya BOS atau butter oil substitute alias margarine sawit yang diberi aroma butter.

*kalau sudah pakai yang mix seperti anchor butter mix, perbandingannya berubah ya. Misalnya total fat 300gr maka Anchor butter mix 250gr plus butter 50gr. Tidak berlaku ya buat BB Cake&cookies atau Palmiaroyal.

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1844152519017417/

#Langsungenak #ResepLangsungenak #KomunitasLangsungenak #FBGroupLangsungenak#LETipsKueKering

0/5 (0 Reviews)

About the author

Herlina Kristi

Add Comment

Click here to post a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Advertisement

Follow Me

ikuti kami di berbagai social media lainnya. Check it out

Get Notified Of New Posts

Turn on desktop push notification

Advertisement

error: Content is protected !!
Lewat ke baris perkakas