26.5 C
Jakarta
Senin, Mei 20, 2024

Es buah Ximilu by Elisabeth Yuni Panca

- Advertisement -

#reseplangsungenak

Namanya es buah Ximilu, pasti sudah banyak member LE yang tahu es ini. Dan ini salah satu es buah yang diminati seisi rumah saya. Gampang bikinnya dan pastinya seger apalagi kalau cuaca lagi panas.

Berikut saya share resepnya.

- Advertisement -

Es buah Ximilu
@elisabethyuni

Bahan:
1 bks agar-agar hijau
150 gr gula pasir
800 ml air
Pewarna hijau

Kuah:
100 gr krimer bubuk
800 ml air panas
130 gr gula pasir (atau sesuai selera)

Isian:
Semangka merah
Melon
Strawbery
Anggur merah
Alpukat
Selasih (rendam di air matang)
(Bisa juga ditambah buah lain sesuai selera)

Cara membuat Es buah Ximilu

  1. Masak agar-agar hingga mendidih, cetak dan serut memanjang jika sudah mengeras. Sisihkan.
  2. Potong-potong buah sesuai selera.
  3. Kuah: campurkan gula dan krimer dengan air panas, aduk sampai larut dan dinginkan.
  4. Tata buah, agar-agar serut, selasih di gelas atau mangkok.
  5. Terakhir, tambahkan es batu dan kuah krimernya. Sajikan.

Es Buah Ximilu memiliki manfaat kesehatan yang cukup banyak karena terbuat dari campuran buah-buahan yang segar dan sehat. Buah-buahan yang digunakan pada Es Buah Ximilu kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah-buahan tersebut juga dikenal sebagai sumber antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas dan mencegah penyakit kronis.

Namun Minum es di cuaca panas memang menjadi kebiasaan banyak orang untuk menyejukkan tubuh dan menghilangkan dahaga. Namun, meskipun terlihat menyegarkan, minum es pada cuaca panas sebenarnya dapat memberikan efek negatif pada kesehatan tubuh.

Ketika cuaca panas, tubuh akan berusaha menurunkan suhu tubuh dengan mengeluarkan keringat. Saat kita minum es, suhu tubuh akan langsung turun drastis, sehingga membuat tubuh memproduksi lebih banyak keringat untuk menyeimbangkan suhu tubuh. Akibatnya, kita malah akan merasa lebih haus dan dehidrasi.

Selain itu, minum es saat cuaca panas juga dapat mempengaruhi sistem pencernaan. Suhu dingin dari es dapat membuat pembuluh darah di perut menyempit, sehingga menghambat proses pencernaan dan menimbulkan rasa tidak nyaman di perut.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi minuman hangat atau suhu ruangan pada cuaca panas, seperti teh hangat atau air putih suhu ruangan. Namun, jika ingin tetap minum es, pastikan untuk mengonsumsinya dengan bijak dan dalam jumlah yang tidak berlebihan.

- Sponsored -

Related Articles

- Sponsored -
- Advertisement -

Latest Articles