Tips Cheese Tart By Vonny Ambar Tips Cheese Tart By Vonny Ambar
Tips Cheese Tart By Vonny Ambar Akhirnya…. setelah pertama kali membuat versi aslinya yang mana resepnya saya ambil dari web DreamersLoaft maka saya buat... Tips Cheese Tart By Vonny Ambar

Tips Cheese Tart By Vonny Ambar

Akhirnya…. setelah pertama kali membuat versi aslinya yang mana resepnya saya ambil dari web DreamersLoaft maka saya buat versi modif ala Vonny Ambar dengan mengganti satu bahan dan hasilnya tidak ada rasa kecut/asam di lidah saat terakhir makan melainkan rasa keju dan susu…. rasa keju yang ringan dan gurih membuat ingin makan dan makan terus dan dengan rasa lemon yang ringan membuat tidak enek… sebenarnya sejak awal saya baca resep dari web DreamersLoaft ini sudah akan mengganti satu bahan tersebut dan sudah saya utarakan saat diskusi dengan seorang teman yang saya julukin Private Chef of Mine. Dan dengan memodifilasi 3 bahan dari resep akan membuat kekentalan filling yang berbeda.
Karena buat pertama kali ini dengan resep aslinya saya akhirnya mencicipi keju yang saya gunakan. Mascapone yang merupakan Italian cream cheese mempunyai rasa tawar, rasa kejunya samar but creamy, dan teksturnya lembut, pokoknya soft taste… Sedangkan cream cheese punya elle vire yang saya gunakan itu mempunyai rasa keju yang kuat, rasanya creamy, teksturnya lembut tapi mempunyai rasa asam yang samar. Kedua macam keju ini dan dicampur dengan satu keju yang asin dan teksturnya tidak lembut seperti 2 keju tersebut akan membuat rasa kejunya akan semakin kuat dan gurih.
Penggunaan fresh milk atau fresh cream juga akan menambah kaya rasa pada cheese tart ini… saran yang saya dapat dari Private Chef of Mine adalah penggunaan fresh cream yang dicampur dengan fresh milk.
Untuk penggunaan air perasan lemon yang di resep seharusnya 1 sdm, saya kurangi menjadi 1 sdt dan bisa ditambahkan sampai 1/2 sdm. Kenapa dikurangi? Karena cream cheese sudah ada rasa asam/kecut dan air perasan lemon ini hanya memperkuat rasa yang sudah ada agar lebih kuat dan buat tidak enek. Bisa juga digantikan dengan plain yogurt tapi dengan catatan penggunaan plain yogurt tidak banyak…. tapi itu kembali lagi ke selera masing2 dan buat saya sih lebih enak menggunakan perasan air lemon…
Untuk custard filling, saya gunakan cara lain. Cara ini disarankan oleh Private Chef of Mine saat saya pertama kali buat tapi saya coba yang seperti di web DreamersLoaft. Kali ini saya gunakan cara au bain marie hanya untuk mencairkan cream cheese saja… itu pun tidak tidak lama. Setelah itu mencampur dengan bahan yang lainnya . Hasilnya akan cair dan harus didiamkan dulu sampai set atau tidak cair lagi dengan cara masuk ke lemari es (fridge) selama 2 jam dan setelah itu bisa diberi polesan kemudian dipanggang. Waktu dan suhu oven akan mempengaruhi juga hasil cheese tart ini. Di mana di saat panas akan meleleh custard fillingnya tapi bila sudah dingin cheese tartnya maka custard filling akan set atau tidak cair lagi.
Untuk polesan atasnya kemarin coba kuning telur ditambah dengan fresh milk sedikit tapi hasilnya pucat dan saya lebih suka yang menggunakan kuning telur saja karena akan menghasilkan warna yang lebih bagus dan akan ada efek gosong-gosongnya dikit walau tanpa alat, hanya menggunakaan oven saja. Ini kembali lagi ke selera masing-masing ?
Akhir kata kenali bahan-bahan yang ada di resep beserta rasanya jika diperlukan….
This is my Hokkaido Bake Cheese Tart, akhirnya bisa mendapatkan yang bisa melted/molten saat panas dipotong…

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1219315851501090/
#Langsungenak #ResepLangsungenak #KomunitasLangsungenak #FBGroupLangsungenak

Print Friendly, PDF & Email

Sif Oi

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate ยป