#ResepLangsungEnak

Ikan Bandeng Goreng
Dapat bandeng di Fakfak merupakan hal yang luar biasa bagi saya. Karena ikan bandeng tidak ada di sini. Sayapun beli dalam kondisi ikan sudah beku/frozen. Dikirim dari Makassar ke Fakfak. Tapi kondisinya masih bagus banget.

Dulu suami paling nggak suka sama bandeng. Ya karena ribet makannya.

Akhirnya setelah ikuti tips cara masak bandeng biar tulangnya nggak ganggu makan, alhamdulillaaah beliau jadi semangat makan ikan bandeng lagi.

Caranya dikerat-kerat itu seluruh bagian tubuh bandeng dengan jarak yang dekat.
Selain bumbu jadi meresap sempurna ke dalam daging, aman juga deh tuh tulang biar ikut kemakan.
Soalnya kalau mau mresto nanggung banget. Wong bandeng cuma sekilo saja masa dipresto.

Bahan:

  • Bandeng 1kg (bersihkan sisik dan jerohan, kerat-kerat seluruh sisi tubuh bandeng sampai dalam ke tulang utama dengan jarak dekat, pakai pisau tajam supaya daging tidak hancur, lalu cuci bersih)
  • Air 300 ml
  • Tepung beras 5 sdm
  • Minyak goreng 500 ml

Bumbu:

  • Bawang merah 5 siung
  • Bawang putih 5 siung
  • Kunyit 7 cm (kira-kira sejempol orang dewasa)
  • Lengkuas 4 cm
    Haluskan semua bumbu
  • Ketumbar bubuk 1 sdm
  • Garam 1 sdm
  • Kaldu jamur 1 sdt
  • Daun jeruk 3 helai

Cara Masak:

  1. Tata bandeng di panci, tuang semua bumbu dan air.
  2. Rebus bandeng dan bumbu dengan api sedang sampai bandeng mateng dan air agak surut. Kira-kira 10 menitan.
  3. Setelah matang biarkan dingin. Kalau saya pribadi biasanya ungkep malam baru digoreng lagi atau bikin banyak sekalian lalu simpan dikulkas. Bisa awet beberapa hari kok. KULKAS yah bukan di FREZER. Jadi bumbu makin meresap ke dalam daging.
  4. Panaskan minyak goreng di wajan. Sebelum masuk ke penggorengan lumuri tipis-tipis bagian tubuh bandeng dengan tepung beras. Fungsinya supaya tidak lengket di wajan, tidak meletus-letus dan minyak tetap jernih.
  5. Goreng sampai kuning keemasan. Mau kering boleh mau setengah kering juga boleh silakan sesuai selera.
    Tepung olesan bisa pakai jenis tepung apa saja sih. Tapi sepengalaman saya hanya tepung beras yang tetap bisa menjaga minyak jernih.
    Kalau pakai tepung bumbu instan saya sarankan garam dikurangi saat ungkep. Karena tepung bumbu instan rata-rata sudah asin.

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/3785385481560768/

baca juga resep ikan bandeng kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here