Bakso Sapi by Lilik Indrayani

0
182

Bakso Sapi ala Lilik Indrayani.

Bahan :
– 1 kg daging sapi ( pilih daging yang tanpa lemak kualitas bagus. Pakai daging sapi segar yang bukan dari freezer karena kalau daging dari freezer, bakso jadi tidak kenyal dan renyah, teksturnya jadi ngapas ).
– 2 ons tepung tapioka. – 2 butir telur.
– 1 setengah bongkol bawang putih yang diiris jadi 3 lalu digoreng dahulu sampe agak kuning keemasan / bisa pakai bawang putih goreng kering.
– 2 sdm bawang goreng kering ( bawang merah diiris tipis digoreng kering ).
– 1/2 atau 1 sdt merica bubuk.
– 1 sdm garam ( kurang lebih segitu ukurannya atau sesuai selera ).
– 2 bungkus kaldu bubuk.

Saya menggilingnya ditempat penggilingan untuk daging bakso. Lebih disarankan menggilingnya dipengggilingan, karena daging dan tapioka harus teraduk maksimal jadi satu. Tekstur bakso kurang kenyal padat dan keras bila diadon aduk hanya pake tangan. Setelah daging digiling dipenggilingan, sampai dirumah jangan ditambahkan tepung lagi yang diaduk pake tangan karena kemungkinan bisa gagal, tekstur nggak akan bisa keras. Bila memang benar benar didaerah tempat tinggal bunda nggak ada tempat penggilingan daging, mungkin bisa di buat pake chopper dirumah tapi kapasitasnya hanya bisa cukup buat sekilo. Diigiling pakai es batu dan setelah daging halus tapioka dimasukkan sekalian,  diaduk supaya bisa tercampur dengan maksimal dan tekstur bakso pun jadi kenyal dan keras tidak lembek.

Kuah bakso : air kaldu rebusan iga sapi, saya tidak pakai kaki sapi karena kuah jadi butek berat, jadi kurang segar. Bumbunya tumisan bawang putih aja atau bisa bawang putih goreng garing yang diblender kering, merica bubuk, kaldu bubuk, sedikit gula bila suka.

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1428512323914774

#Langsungenak#Reseplangsungenak#Komunitaslangsungenak#FBGrouplangsungenak#LEbaksosapi

0/5 (0 Reviews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!

Please enter your name here