31.1 C
Jakarta
Jumat, Desember 2, 2022

6 resep donat bomboloni anti gagal by expert

- Advertisement -

DONAT (bomboloni) by Franziestca Cah’ayu

DONAT (bomboloni) by Franziestca Cah’ayu
sumber: Pak imam abu Salman

- Jangan Penasaran -

Orderan spesial soalnya suami yang order buat teman-teman kerjanya . sebenernya resep donat apa aja ok asal benar step by step nya, dan yang pasti kualitas bahan mempengaruhi ya.

donat bomboloni

Bahan donat bomboloni

  • 500 gr terigu protein sedang
  • 60 gr gula pasir
  • 5 gr instant yeast
  • 7 gr garam
  • 2 butir kuning telur
  • ± 250 gr air dingin (saya ganti fresh milk)
  • 60 gr Mentega/Margarine (saya pakai anchor)

Langkah pembuatan donat bomboloni

  1. Campurkan semua bahan kecuali margarin dan garam. Uleni sampai setengah kalis.
  2. Masukkan margarin dan garam, Uleni lagi sampai kalis.
  3. Timbang adonan @35 gr, sesuai selera [punyaku ini 40 gr], dan bulatkan. Lakukan sampai habis.
  4. Istirahatkan ± 30menit . Lubangi donat dengan jari kemudian istirahatkan ± 45 menit. (Model bomboloni skip step ini)
    Karena saya ngebentuknya manual aja gak pake cetakan ya..
  5. Goreng dengan minyak banyak pada suhu 170-180°C. Tunggu matang di satu sisi lalu balik sampai matang sisi yang lain.
  6. Angkat tiriskan dan diinginkan.
  7. Donat siap ditopping sesuai selera.

DONAT BOMBOLONI (METODE AUTOLYSE) by Catarina Kartika Wati

Ini percobaan saya yang ke empat. Ya, saya udah 3 kali gagal. Nanti foto pas gagal saya sertakan. Tapi cuma ada trial 2 dan 3. Yang trial 1 nya nggak sempat foto.

Jangan menyerah. Kalau kata Bunda Dapursicongok Dapursicongok, resep hanya pelengkap. Tapi pemahaman kita akan resep itu sendiri yang terpenting. Saya juga dasar resepnya recook dari resep beliau. Hanya saja saya memakai margarine dan buter di campur. Juga saya menggunakan metode autolyse (full bahan) karena masih nggak punya mixer. Saya tonton 4 video beliau pelan-pelan. Alhasil saya bisa bikin donat seperti ini.

- dont see -

Terimakasih Bunda, semoga sehat dan terberkati selalu.

Kalo menurut bapak dan ibu sekalian, apakah donat saya ini sudah bisa dikatakan berhasil?

Saya bikin donat versi bomboloni. Karena saya nggak suka donut yang bolong di tengahnya.

DONAT BOMBOLONI (METODE AUTOLYSE)
Hasil : 10 buah

-dont see -

Bahan A :
125 gr tepung terigu protein tinggi
125 gr tepung terigu protein sedang
2 butir kuning telur, suhu kulkas, kocok lepas
120 ml susu cair, suhu kulkas
25 gr gula pasir (kalau bisa yang butiran halus)

Bahan B :
3 gr ragi instan
30 gr butter dan margarine (mix), beku
1/4 sdt garam

Bahan Vla Cokelat :
25 gr DCC
1 sdm tepung maizena
1/2 sdm gula pasir
1/2 sdm susu bubuk full cream (putih)
75 ml susu cair

Bahan Pelengkap:
3 sdm gula halus
350 ml minyak goreng

Cara Membuat donat dengan metode autolysis (bomboloni)

  1. Campur semua bahan Adi baskom atau mangkok besar. Untuk susu cair dituangkan sedikit demi sedikit, bisa jadi kurang atau berlebih. Saya pas 120 ml.
  2. Uleni adonan hingga tercampur rata. Lalu tutup rapat dengan plastik wrap. Diamkan selama 6-8 jam.
  3. Setelah 6-8 jam. Campur adonan dengan ragi. Uleni hingga ragi tercampur rata. Masukkan campuran mentega dan margarine beku dan garam. Uleni hingga kalis dan sedikit mengkilat. Tidak perlu sampai terlalu elastis. Karena donat bukanlah roti.
  4. Bulatkan adonan. Tutup baskom dengan serbet. Diamkan selama 5 menit.
  5. Ambil sekitar 40 gr adonan, lalu bulatkan. Dan tata di atas kertas roti yang telah ditaburi tepung. Setiap adonan menggunakan 1 kertas roti yang telah dipotong kecil.
  6. Tutup adonan dengan plastik wrap atau serbet. Diamkan selama 1 jam. Atau hingga menggembang 2 kali lipat. Tergantung suhu daerah masing-masing.
  7. Pipihkan adonan saat adonan hampir mengembang 2 kali lipat.
  8. Sebelum adonan mengembang sempurna, panaskan minyak hingga betul-betul panas dengan api sedang. Saya menggunakan wajan cekung.
  9. Masukkan donat. Saya memasukkannya hanya 2 bulatan setiap menggoreng. Karena terlalu khawatir kalau gagal lagi. Tapi sebetulnya 3 bulatan juga bisa.
  10. Goreng hingga kecoklatan. Angkat dan letakkan di cooling rack.
  11. Untuk membuat vla coklat, masukkan semua bahan di panci anti lengket. Aduk rata. Lalu panaskan dengan api kecil. Aduk hingga mengental. Angkat. Aduk hingga uap panas hilang, lalu masukkkan diplastik segitiga. Dinginkan di kulkas.
  12. Lubangi donat dengan sumpit. Lalu baluri dengan gula halus. Isi dengan vla coklat. Sajikan.

Note :

  • Saya menggunakan mentega dan margarine roy*l p*lm*a, sehingga tidak perlu menakar per bahan.
  • Saya memanaskan minyak selama 3-5 menit karena belum punya termoter. Lebih bagus kalau dicek menggunakan termometer. Suhu minyak 175-180° celcius.
  • Takaran tepung 1:1 antara protein tinggi dan sedang. Protein sedang bisa lebih banyak. Kalau mengharapkan donat yang menul tapi nggak kempes, takaran tepung pro tingginya jangan lebih banyak dari protein sedang.

cara membuat Bomboloni Metode Autolysis by Neni Suheni

Jam 22:17 selesai mencampur terigu, gula, telur dan air.
Jam 05:10 adonan dibuka. Bersiap ke langkah berikutnya.
Teksturnya sudah bagus, tinggal uleni sebentar.
05:42 dough sudah mencapai window pane.
05:43 bulatkan untuk dipermentasi selama 40 menitan atau sampai berukuran dua kali lipat.
*Keterangan lebih lengkap ada difoto.

Bagi yang mau resepnya, silakan dicoba. Ini cara membuat roti yang menurutku santai, bisa ditinggal tidur dan bekerja tanpa khawatir adonannya asam.

Mau pakai resep yang sudah dimodifikasi olehku atau resep roti yang beredar dimana saja. Monggo.

Bahan bomboloni

  • 400gr terigu
  • 70gr gula pasir
  • 3 kuning telur
  • 200ml air
  • 50gr mentega
  • 6gr ragi
  • 1/2 sdt garam

Cara membuat bomboloni

  1. Campur terigu, gula, kuning telur dan air. Aduk merata kemudian tutup pakai plastik. Diamkan kurang lebih 6 jam-an. Aku sampai 7 jam kayaknya.
    *Setelah 6 jam berlalu:
  2. Masukan ragi. Uleni hingga merata.
  3. Setelah ragi tercampur rata, masukan mentega dan garam. Uleni hingga kalis.
    Tidak seperti metode biasanya, adonan menggunakan metode ini akan cepat sekali kalisnya.
  4. Setelah kalis, bulatkan adonan. Diamkan selama 10 menitan. Bungkus dengan plastik. Atau bisa langsung ditimbang dan dibentuk menjadi roti apa saja yang kamu inginkan.

Aku tadi membuat seloyang roti tawar dan beberapa buah bomboloni.
Adonan yang sudah disebutkan di atas setelah dicampur semuanya akan mendapat kurang lebih 900gr cikal bakal roti maupun bomboloni. Lumayan banyak.

membuat DONUTS Bomboloni yang pasti berhasil

Lagi senang senangnya buat roti, donat dan pizza. Tapi hari ini lagi ingin buat donat yang tidak ada bolongnya alias BOMBOLONI. Semua resep donat bisa dibuat bomboloni. Tapi saya suka pakai resepnya Bpk. imam Abu Salman Yang dimana kayaknya setiap pemula yang mau buat donat pasti berhasil dengan resepnya beliau.

DONUTS
By: Imam Abu Salman

membuat DONUTS by Ine Mamengko cocok pasti berhasil
  • 500 gr terigu protein sedang.
  • 60 gr gula pasir.
  • 5 gr instant yeast.
  • 7 gr garam.
  • 2 butir kuning telur.
  • ± 250 gr air dingin.
  • 60 gr margarin.

Cara membuat donuts

  1. Campurkan semua bahan kecuali margarin. Uleni sampai setengah kalis.
  2. Masukkan margarin, Uleni lagi sampai kalis.
  3. Timbang adonan @35 gr dan bulatkan. Lalu istirahatkan ± 30 menit.
  4. Baluri sedikit terigu, lalu tekan dengan telapak tangan.
  5. Istirahatkan ± 45 menit sampai mengembang 2x lipat.
  6. Goreng dengan minyak banyak pada suhu 170-180°C. Tunggu matang di satu sisi lalu balik sampai matang sisi yang lain.
  7. Angkat tiriskan dan diinginkan.
  8. Donat siap diisi sesuai selera.

donat bomboloni by Donat Sakura Makassar

Happy weekend bunda & teman2
Kali ini yukkk kita buat donat bomboloni
Donat ini berat 30gr
Langsung ke resepnya aja yahh

Resep donat bomboloni

  • Tepung pro tinggi 200gr
  • tepung pro sedang 50gr
  • gula pasir 37gr
  • susu bubuk 15gr
  • improofer 1gr
  • ragi 6gr
  • vanila bubuk 1gr
  • kuning telur 1pcs
  • margarin 37gr
  • garam halus 3gr
  • susu cair 50ml
  • air ± 85ml

Cara buat donat bomboloni

  1. Campur kan semua bahan kering (tepung, gula, susu bubuk, improofer, ragi, vanila bubuk) + telur ke dalam mixer lalu aduk rata
  2. Masukkan susu cair 50mL (aduk rata)
  3. Masukkan air sedikit demi sedikit sampai adonan menggumpal
  4. Masukkan margarin & garam (aduk rata)
  5. Masukkan sisa air sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi kalis
  6. Angkat adonan dari mixer lalu lakukan proses scaling/menimbang adonan sebesar 30gr
  7. Setelah semua dibulatkan diamkan sekitar 15 menit
  8. Setelah itu pipihkan
  9. Setelah semua dipipihkan lakukan proses proofing kurang lebih 45 menit
  10. Kemudian goreng
  11. Setelah digoreng tunggu sampai dingin, lalu lubangi bagian samping donat dengan menggunakan sumpit, kemudian isi dengan aneka filling sesuai selera

Donat Bomboloni lembut empuk tahan lama

CUMA 1 x PROFING dan Coba gabungin 2 tepung ini hasilnya lembut dan empuk tahan lama, BENERAN.. COBAIN DEH..

Donat Bomboloni lembut empuk tahan lama
By. Senyum keluarga

Donat Bomboloni lembut empuk tahan lama

Bahan Donat Bomboloni lembut empuk tahan lama

  • 400 gr Tepung protein tinggi
  • 100 gr Tepung protein sedang
  • 20 gr susu bubuk
  • 2 kuning telur
  • 1 sdt ragi
  • 90 gr gula pasir
  • 300 ml susu cair
  • 60 gr margarin
  • ¼ sdt garam

Isian :
100 gr Selai coklat

Cara membuat Donat Bomboloni lembut empuk tahan lama

  1. masukkan semua bahan kecuali margarin dan garam kedalam wadah
  2. uleni hingga tercampur, setelah itu masukkan margarin dan garam, uleni hingga kalis elastis
  3. bagi adonan dengan berat 50 gr masing-masing atau disesuaikan selera, bulatkan atau rounding
  4. profing 45 menit sambil di tutup adonan dengan kain
  5. goreng dengan minyak yang panas dengan 1 kali balik saja
  6. lubangi tepian donat dengan sumpit,gulingkan ke gula halus lalu masukkan selai coklat
- dont see -

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
- Advertisement -

Another Best Recipes

eskort

- mersin escort