Thian Ang Fong by Nina Yusab

Must Try

Cornflake Cookies by Intan Suri

Cornflake Cookies by Intan Suri Bahan: cornflake 2 box besar (saya biasa pakai yang nestle) kismis 500 gr terigu 1.25 kg (cap kunci) blue band 1 kg orchid butter 1...

Roti Ubi Jalar By Duryatin Amal

Share lagi hasil baking saya kemarin ya ibu-ibu ^^ Roti Ubi Jalar pakai isian sosis. Apinya kebesaran mungkin ya, jadi hasilnya eksotis gitu, hehe....

resep IKAN ASAP SUIR SAMBEL BUNGA KECOMBRANG by Bunda Muzaroh

ResepLangsungEnak Apa kabar LE lovers ???Tantangan ulang tahun LE Megono membuat resep yang unik…bingung juga ya…saya mau bikin apa…tadi...

Ayam Plecing by Reeta Melvin Maulana

BAHAN: 1/2 ekor Ayam (4 bagian) 5 bh Cabai merah 5 bh Cabai rawit 1 sdt Terasi 6 bh Jeruk limau 1 bks Masako® Rasa Ayam (13 g) 250 ml Air 5...

Than Ang Fon adalah sebutan orang Tionghoa di Singkawang, Kalimantan Barat untuk Kue Kantong Semar ini.
Kue Kantong Semar? Yupp. Tidak salah dengan kok. Namanya seperti itu karena memang kue ini dibuat dengan menggunakan kantong semar. Itu lho, tumbuhan hutan yang bunganya mirip kantong-kantong dan masuk dalam tanaman carnivora.

Kantong Semar tumbuh menjalar di hutan. Penduduk mengambil bunganya, diisi dengan ketan. Ketan tentu dibumbui santan, bawang putih, dan garam. Di bagian atas diberi topping kacang merah dan sedikit guyuran santan kental.
Bisa bayangin rasanya kan? Gurih banget. Harganya Rp 5.000 saja. Sekali makan langsung kenyang. Padahal gedhenya kurang lebih hanya setengah kepalan kita. Hm, mungkin karena terbuat dari ketan ya, jadi cepat mengenyangkan.
Dari berbagai sumber diketahui kue semacam ini memang banyak dikenal di Sumatera dan Kalimantan. Namanya juga berbeda-beda. Versi rasanya ada yang gurih, ada pula yang manis. Kue ini sering disajikan pada saat upacara-upacara tertentu.

Di Singkawang sendiri kue kantong semar ini banyak dijajakan di Pasar Turi yang lebih dikenal sebagai Pasar Babi (ada outlet khusus yang menjual daging babi di pasar ini). Datangi saja tukang kue yang biasanya menjajakan dagangannya di atas gerobak. Mereka menjual kue ini setiap hari. Tertarik?

Oh iya, kalau mau lebih banyak menemukan cerita makanan unik dari berbagai daerah, aku berbagi info juga di Instagram. Silakan follow supaya tidak ketinggalan cerita: NINAYUSAB

?#?pesonaSingkawang? ?#?indonesiatravel? ?#?foodtraveller? ?#?food? ?#?yummy? ?#?kuliner?






0/5


(0 Reviews)
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Recipes

resep bolu kering by El Huda Ummi

reseplangsungenak BismillahKemaren pas kumpul keluarga saya buat ini. Kata mereka ini brownies kalo kata saya ini bolu kering. Biasa...

resep Sambal goreng krecek & tolo by Catharina Maria Sri Sumarti

RESEPLANGSUNGENAK GUDEG & KRECEKAdakah yang seperti kami, kalau makan gudeg, nggak lengkap kalau tanpa sambal goreng tolo dan krecek...

ROTI SISIR HAM & CHEESE METHODE YUDANE by Fentania Mak

RESEPLANGSUNGENAK ? Untuk video cara buat berikut ini : https://youtu.be/5s5hbxLuazY Masih...

Lukumades si donat yunani by Farah Riza

Reseplangsungenak Lukumades si donat yunani.Bahan : 250 gr terigu protein sedang250 ml susu cair fullcream1 sdt...

resep SERABI SOLO by Dianish’s Kitchen

RESEPLANGSUNGENAK Latepost… Kesukaan semua anggota keluargaku bundaa… ??SERABI SOLOBy Dianish's Kitchen Bahan biang:

More Recipes Like This

0/5 (0 Reviews)
X