33.6 C
Jakarta
Minggu, Juni 23, 2024

Thengkleng Solo by Nina Yusab

- Advertisement -

Thengkleng ini khas hidangan solo, banyak diburu penggemarnya. Padahal isiannya hanya iga dan tulang-tulang kambing yang sudah tidak digunakan di hidangan lain. Asik kali ya, ‘ngrokoti’ daging-daging sisa di tulang-tulang itu, kali aja juga nemu sumsum kambing, nikmat.

Bumbunya Thengkleng mirip gulai kambing, minus santan. Jadi lebih dekat ke sup kambing tapi berbumbu rempah dan pedas.

BAHAN:
1-2 kg tulang-tulang kambing (pilih yang masih ada dagingnya lah)
2 lt air
2 btg serai
5 lbr daun jeruk nipis
3 lbr daun salam
1 ptg lengkuas
3 btr cengkeh
1 cm kayu manis
2 sdm garam
1 sdt gula
minyak goreng untuk menumis

- Advertisement -

BUMBU dihaluskan:
7 siung bawang merah
5 siung bawang putih
5 btr kemiri
10 bh cabai merah
5 cm kunyit
3 cm jahe
1/2 sdt ketumbar

CARA MEMBUAT:
Rebus iga dan tulang kambing dengan 2 iter air hingga empuk. Sisihkan
Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan daun jeruk, daun salam, lengkuas, serai, cengkeh, dan kayu manis. aduk aduk hingga harum
Masukkan tumisan bumbu ke rebusan iga, rebus kembali. aduk-aduk hinggga bumbu meresap. Tambahkan garam dan gula pasir
Masak beberapa saat dengan api kecil saja. Aduk-asuk sesekali. Sajikan.

Tengkleng itu bagian apa?

Tengkleng menggunakan bagian tulang kambing yang masih terdapat sedikit daging yang menempel. Tulang yang biasa digunakan adalah tulang kaki. Selain tulang, tengkleng juga biasanya berisi organ seperti hati, babat, dan otak.

Tengkleng itu makanan apa?

Tengkleng adalah makanan khas Solo yang mirip dengan gulai kambing. Bedanya, bahan dasar tengkleng berupa tulang belulang dan jeroan. Kuah tengkleng juga lebih encer dari gulai daging kambing. Tengkleng mulai dikenal ketika rakyat di Solo pada masa pendudukan Jepang kesulitan mencari bahan pangan.

Tengkleng itu daging apa ya?

Tengkleng diyakini sebagai masakan asli Solo. Masakan ini terbuat dari tulang kambing yang masih terdapat dagingnya, jeroan kambing juga kikil. Tidak seperti tongseng yang dimasak dengan bahan tambahan sayuran, tengkleng hanya menggunakan bahan utama daging.

Dari mana asal tengkleng?

Hanya kepala, kaki, dan tulang saja yang tersisa untuk pekerja dan tukang masak. Para juru masak pada waktu itu tak kurang akal, maka dimasaklah tulang-tulang itu yang tentunya masih menempel sedikit daging. Masakan ini berasal dari Boyolali lebih tepatnya Kraton Pengging.

Apa perbedaan gulai dengan tengkleng?

Tengkleng umumnya menggunakan bagian iga dan kaki kambing. Sementara gulai, menggunakan potongan daging sapi maupun kambing, bukan bagian jeroan. Selain itu, tengkleng menggunakan sedikit santan. Sementara, gulai lebih kaya santan.

Kenapa dinamakan tengkleng?

Dinamakan tengkleng karena jika ditaruh di piring akan mengeluarkan bunyi kleng-kleng-kleng. Sebab piring rakyat dulu berasal dari gembreng ( semacam seng ). Sehingga suara tulang yang disajikan menimbulkan suara nyaring.

- Sponsored -
Artikulli paraprak
Artikulli tjetër

Related Articles

- Sponsored -
- Advertisement -

Latest Articles