Shiny Crust Brownies by Ardian Wahyu Utami

0
1306
Shiny Crust Brownies by Ardian Wahyu Utami

shiny crust brownies, no mixer, cuma aduk sana sini, jadi deh…
resep saya pake dari mb ricke, just my ordinary kitchen
Shiny Crust Brownies by Ardian Wahyu Utami
Sumber resep: Just my ordinary kitchen
Ingredients/Bahan:
8 tablespoon (sdm) unsalted butter ~ 120 gram
1 cup terigu all purpose (protein sedang) ~ 130 gram
1/4 cup coklat bubuk ~ 30 gram
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
8 ounces dark cooking chocolate, potong-potong ~ 225 gram
1 1/4 cup gula pasir ~ 280 gram
3 butir telur ukuran besar
Directions/Cara membuat:
1. Panaskan oven 180°C. Olesi dengan butter loyang persegi/square pan ukuran 22x22x4 cm. Alasi dengan kertas roti/baking paper, lebihkan atasnya sekitar 3 cm (untuk memudahkan mengeluarkan brownies dari loyang/pan, karena brownies jangan dikeluarkan dengan cara dibalik). Olesi lagi kertas roti/baking paper dengan butter. Sisihkan.
2. Campur dan ayak terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam. Sisihkan.
3. Lelehkan butter dan dark cooking chocolate (sebaiknya dengan cara ditim di atas air panas). Aduk rata sampai lembut dan licin. Angkat dari panas api. Masukkan gula pasir. Aduk rata dengan whisker atau mixer kecepatan paling rendah. Masukkan telur. Aduk rata lagi. Masukkan campuran tepung, aduk rata dengan whisker sebentar saja hanya sampai tepung tercampur dan tidak terlihat lagi. Jangan overmix (diaduk berlebihan)!
4. Tuang ke dalam loyang/pan. Ratakan permukaannya. Panggang dalam oven sampai matang (tes tusuk sudah bersih dan hanya ada sedikit butiran yang menempel tapi tidak basah), sekitar 50-60 menit. Permukaan akan terbentuk ‘shiny crust’ khas brownies dan bagian tengah sudah kokoh bila ditekan.
5. Keluarkan dari oven. Diamkan dalam loyang/pan selama 30 menit. Keluarkan brownies dengan cara mengangkat kertas roti/baking paper. Biarkan masih dengan kertas roti/baking paper dinginkan di atas rak kawat (cooling rack) sampai benar-benar dingin. Setelah dingin potong-potong dengan menggunakan pisau tajam yang telah diolesi sedikit minyak (agar saat dipotong tidak lengket dan hasilnya rapi). Bila disimpan dalam toples kedap udara (airtight container) akan tahan 2-3 hari.

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/926803394085672/?comment_id=926815204084491&comment_tracking=%7B%22tn%22%3A%22R8%22%7D

simak resep brownies kami yang lain disini

#Langsungenak #ResepLangsungenak #KomunitasLangsungenak #FBGroupLangsungenak

0/5 (0 Reviews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here