Sebenernya sih saya uda lama penasaran notok jedog pengen bikin pizza.. Tapi galau karna ga punya oven. Teflon pun ngga punya. Selain itu saya juga bingung mau pake resep yang mana karena resep pizza di LE ini banyak banget.
Modal nekat, akhirnya saya mengotak atik resep dan memanfaatkan apa yang ada di dapur.
Dandang pun disulap jadi oven ala ala.

Criiinggg….

Setelah 45 menit ketar ketir ini pizza bakal mateng apa engga, saya buka lah tutup dandang sambil mesem mesem kegirangan.
Alhamdulilahh…
Minggu siang ini bisa makan siang pizza ginuk ginuk dan empuk banget…
Kesalahannya cuma di pemilihan loyang aja sih. Loyangnya kekecilan dan saya nggak nyangka si adonan bakal ngembang cantik. Pizza saya jadinya obesitas.. Hahaha… Tapi syukurlah suami malah suka sama crust yang tebel.

Pizza Dandang
By Anisha Achiez Rachma


Bahan crust :
170 gr tepung terigu (saya pake cakra)
125ml susu cair hangat (saya pake susu sapi langsung bukan UHT kebetulan lagi ada dikulkas. Bisa pake susu UHT atau cukup air hangat juga bisa)
1/2 sdm fermipan
1 sdt garam
1sdm margarin
1/2 sdm gula pasir

Toping :
Sesuai selera sih sebenernya.
Saya pake saos bolognais ditumis pake bawang bombay dan bawang putih.
Ditambah sosis dan nugget stik fiesta.
Keju mozza juga saya skip saya ganti keju kraft quick melt

Cara buat :
Campur semua bahan kecuali susu.
Uleni adonan sambil sedikit sedikit masukkan susu.
Saya menggunakan mixer spiral biar ngga pegel.
Uleni sampai adonan kalis.
Setelah kalis diamkan dan tutup adonan dengan kain bersih basah selama 30 menit.
Sambil menanti adonan mengembang, siapkan saos dan toppingnya.

Setelah 30 menit adonan diuleni lagi (pake tangan aja).
Diamkan lagi 10 menit.
Ratakan adonan di loyang yang telah di olesi minyak. Oiya, karena ini saya bikin porsi mini saya pake loyang kotak ukuran 16×16. Kalo mau pizza yang crustnya tipis bisa pake loyang yang agak besar atau bagi adonan menjadi 2 bagian.
Setelah rata tusuk tusuk adonan dengan garpu.
Olesi dengan saos dan beri toping sesuai selera.

Siapkan oven dandang.
Kompor saya alasi pake tray yang untuk membakar ikan. Baru atasnya saya beri dandang.
Pake api kecil aja. Jadi pantat dandang tidak langsung terkena api. Panaskan dulu dandang (tanpa di isi air).
Setelah dirasa panas baru masukkan loyang.

Saya tadi mengoven selama 45 menit karena pada saat 30 menit saya test tusuk adonan roti masih belum matang.

simak resep pizza kami yang lain di sini

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/802310586534954/

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here