membuat NASI KEBULI by Laxmiie Warrie

0
169
membuat NASI KEBULI by Laxmiie Warrie

#TIPSDANTRIK

Assalamualaikum semuanya…
Kali ini saya ingin berbagi tips dan trik saya untuk membuat NASI KEBULI yang saya masak ala nasi biryani. Saya dapat ilmunya dari youtube, tapi bumbu-bumbu saya rubah sedikit yang sesuai lidah dan yang tersedia di dapur karena ada beberapa bumbu India yang kita “pasti” tidak punya (karena saya masak nya ala biryani)
Nasi kebuli merupakan jenis masakan asli Indonesia yang awal nya dimasak oleh warga keturunan Arab Saudi yang sudah menetap di Indonesia.

1. Saya membeli Beras basmati instan 1 box (bisa untuk 5-7 porsi), isinya beras basmati 500gr dan bumbu-bumbunya.
Kenapa saya beli yang instan? supaya dapat rasa yang “mendekati” otentik
2. Beli beras basmati tambahan 1 kg
3. Punya stok rempah : kapulaga, daun salam / bay leaf, kayu manis, cengkeh, kembang lawang/pekak, adas manis, lada hitam, biji pala, garam masala (tidak harus) dan minyak samin
4. Daging kambing atau ayam 1kg atau lebih.
5. Panci atau wajan yang digunakan adalah panci tebal dan atau yang punya lapisan teflon/ keramik supaya matang nya bagus karena nanti kebulinya langsung dimasak di panci itu bukan di kukus.

Kalau melihat banyaknya bumbu atau rempah memang terkesan ribet tapi disini saya buat ribet 1 kali dan 2 kali simpel. Maksudnya saya buat sekalian daging nya banyak dulu jadi nanti bisa dipakai 3 kali masak kebuli.

1. Masak daging sesuai petunjuk di box nya ( saya tambahkan tomat, bawang bombay dan santan instan, bisa juga ditambah yoghurt)
2. Setelah matang dan empuk bagi 3 (kondisi masih ada sedikit kuahnya, jangan dimasak sampai habis airnya) , yang 1 tetap di panci, yang 2 bagian dimasukkan kotak untuk disimpan di freezer. Beras basmati nya pun dibagi 3 (tadi kan saya beli1kg + 0.5kg yang di box)
3. Masak beras basmati ternyata di rebus (Saya baru tahu ?). Cuci dan rendam dulu beras basmati sekitar 20menit. Rebus air secukupnya, masukkan rempah (poin 3 diatas) . Sedikit-sedikit saja ya?. Kalau sudah mendidih masukkan 500gr basmati, aduk sebentar. Masak nya sekitar 5-10menit, kalau sudah bisa dipencet berarti sudah bisa ditiriskan.
4. Taruh beras diatas daging yang di panci(jangan diaduk, lihat foto #3 ), taburi bawang goreng, tutup dan nyalakan api nya, masak dengan api besar (jangan besar-besar juga sih karena nanti gosong kalau kelamaan) selama 7 menit, kecilkan api dan masak selama 2 menit. Matikan api dan biarkan panci tetap tertutup (foto #4)

Besok-besok kita bisa masak nasi kebuli lagi dengan stok yang ada di freezer, tinggal panaskan daging nya di panci atau wajan seperti diatas, tumpangi dengan beras basmati yang sudah direbus dengan cara diatas dan taburi bawang goreng. Tutup panci dan masak 7 menit dengan api besar, 2 menit dengan api kecil. Simpel kan?? Dan masih ada stok 1 lagi di freezer untuk nanti-nanti.

Saya pernah membeli bumbu kebuli yang di pasar tapi rasanya tidak sesuai keinginan, baru yang di kemasan instan (Beras + bumbu nya) ini saya dapat taste yang sesuai.
Semua bahan saya beli secara online di market place karena kan masih harus Stay@home…?

Salam ….semoga bermanfaat

https://web.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/3206846852747970/

simak resep nasi kebuli kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here