#ResepLangsungEnak

KERIPIK PISANG
Pisang yang saya pakai jenis pisang kepok. Pisangnya sudah beneran harus tua di pohon, tapi belum mateng.
Kulit dan daging masih keras dan bergetah.

Saya sengaja mengiris dengan dua bentuk, bulat dan lonjong untuk membedakan rasa. Rasa asin untuk yang lonjong dan rasa manis untuk yang bulat.
Oke sekarang ke resep.

Bahan:

  • Pisang kepok mengkal 1 sisir.
  • Minyak goreng 700 ml.
  • Gula pasir 3 sdm lalu taruh ke dalam gelas dan larutkan dengan 150 ml air biasa.
  • Garam 1 sdm taruh juga dalam gelas dan larutkan dengan 100 ml air biasa.

Cara Membuat:

  1. Oles tangan dan pisau dengan minyak goreng saat mengupas pisang agar getah pisang tidak terlalu menempel, ulang terus olesnya saat minyak mulai hilang.
  2. Selesai dikupas, segera taruh pisang di baskom yang ada air campur garamnya agar pisang tidak menghitam sambil nunggu kupasan lain rampung. Lalu cuci bersih pisangnya.
  3. Panaskan minyak di wajan, nyalakan kompor pakai api sedang saja.
  4. Setelah minyak panas langsung iris pisang di atas wajan pakai alat pengiris keripik. Cukup 2 buah pisang saja. Cek video ke 1.
  5. Aduk-aduk pisang sampai sekitar 1 menitan baru kita masukkan perasanya. Saya pribadi untuk rasa asin beri 1 sdm larutan garam pada setiap 2 buah pisang dan 2 sdm larutan gula untuk setiap 2 buah pisang saat menggoreng. Cek video ke 2
  6. Goreng sampai pisang kering dan renyah, saat diketuk-ketuk terdengar nyaring dan tekstur keras. Sering diaduk yah biar warnanya cantik dan tidak gosong di satu sisi. Cek video ke 3.
  7. Angkat dan tiriskan. Taruh di tempat yang beralas tissue sampai dingin baru dipindah ke toples kedap udara.
  8. Ulangi cara di atas sampai selesai. Simpel bangetkan?

Hasil pisangnya renyah dan kering karena tidak terlalu menyerap minyak.
Tidak perlu takut minyak meletus-letus saat dimasukkan air perasanya, hanya sekedar bunyi kracak-kracak sebentar saja (aduh gimana yah nulis bunyi-bunyian) tanpa ada letusan minyak. Alhamdulillah aman kok.

Untuk rasa keripiknya memang tidak terlalu kuat asin dan manisnya. Justru menurut saya di situlah poin plusnya karena saat kita makan tidak mudah eneg. Yang ada mulut nggak mau berhenti ngunyah.

Semoga resep saya yang simpel ini mudah di fahami bagi yang membaca. Karena untuk membuat keripik ini lebih mudah prakteknya daripada nulis resepnya hahaha.

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/3816777235088259/

baca juga resep kripik pisang kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here