jalangkote’ by Bunda Aim

0
791
jalangkote' by Bunda Aim

#ResepLangsungEnak

Oke seperti nya postingan jalangkote’ yang penuh pro kontra telah di hapus (yang kedua kali nya). Aku tak gentar aku post ulang?┬ásudah yaa kalian jangan adu argumen lagi mengenai pastel dan jalngkote’ karena di kolom komentar sebelum nya kalian sudah bahas. Mari saling tenggang rasa saya pun banyak memetik ilmu nya Alhamdulillah bisa sharing bersama sama.

Kuah Lombok

Bahan :

7 buah cabai keriting

5 buah cabai rawit

500 ml air

2 siung bawang Putih

1 sdm cuka

4 sdm gula pasir

1/2 sdt garam

1/8 sdt msg penyedap entah lah aku ini generasi apa hiks

Larutan maizena
1 sdt maizena
100 ml air

Rebus cabai cabaian dan bawang putih biar matang tidak kaku dan lihai. Tiriskan dan haluskan rebus dengan semua bahan kecuali cuka. Setelah mendidih masukin maizena aduk rata kurang lebih 2 menit. Masukin cuka aduk rata biar nikmat ada asam asam nya seperti jalan hidup ini.

Kulit nya ini renyah di luar lembut di dalam asal jangan baik di luar busuk di dalam. Aku suka yang tipe kulit seperti ini jadi walau sudah dingin ada sensasi dingin dingin empuk .(Saya Peranakan Jawa Bugis lahir di Arab saudi Alhamdulillah hidung masih wajar bentuk nya)

Resep nya

Kulit Jalangkote’

Bahan :

1 sdt tepung beras

1 sdt tepung maizena

500 gr tepung terigu serba guna ( lebih bagus lagi jika terigu protein rendah)

4 sdm minyak sayur karena saya rakyat jelata yang kaya boleh pake minyak zaitun asal jangan minyak urut ini bukan panti pijat.

1/2 sdt garam

300 ml air biasa tidak perlu panas anget apalagi dingin.

Ulen sambil masukkan air nya perlahan dan bertahap jangan kelembekan sampai set saja jangan khawatir keras nanti dia lembek jika lama kelamaan.

Gilas saya menggunakan pasta maker. Ambil sebagian adonan. Pipihkan terlebih dahulu setel pasta maker di Nomor 1 gilas sambil di taburi terigu ulangi sampai 2 kali kemudian setel pasta maker di nomor 3 gilas adonan kemudian cetak bulat. Ambil adonan kulit yang sudah di cetak tarik tarik perlahan bentuk nya menjadi oval isi adonan pluntir pluntir. Letakkan di wadah tertutup supaya tetap lembab. Beri jarak social distancing jangan di tumpuk 1 sama lain agar tidak lengket. Jangan lupa wadah nya taburi terigu.

Goreng diminyak banyak dengan api besar. Pastikan minyak benar benar panas (kecilkan api jika dirasa terlalu panas karena kompor kalian juga beda beda). Jika ingin disimpan untuk stok di freezer goreng setengah matang agar bentuk nya tetap cantik.

Happy baking?

Instagram @dy_Jasmin

https://web.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/3123618104404179/

baca juga olahan sambel kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here