HOMEMADE ABON AYAM by Che Ssy Stick

0
365
HOMEMADE ABON AYAM by Che Ssy Stick

#RESEPLANGSUNGENAK

-HOMEMADE ABON AYAM TANPA MINYAK-

Apa dipikiran bunda panda tentang abon? Yang pasti gurih, manis, sehat dan bergizi ya. Saya suka sekali sama abon ayam, bisa dimakan dengan nasi, roti tawar, topping donat atau langsung dicemilin (saya memang aneh!!) Udah lama banget kayanya gak beli abon soalnya dilangganan saya harga naik terus hihi tapi kalau dipikir-pikir sebenarnya sebanding lho sama proses pembuatan yang cukup lama. Dalam rangka saya kurang kerjaan dan lagi mengasah kemampuan masak otodidak saya sekaligus mengurangi rasa penasaran saya tentang cara bikin abon ini akhirnya saya eksekusi juga ? berbekal browsing resep di internet, saya modifikasi sendiri abon ayam versi saya. Bagi saya abon harus berasa gurih, manis dan warnanya coklat mungkin udah tertanam dibenak saya dari kecil seperti itu.

HOMEMADE ABON AYAM
(Modifikasi sendiri)
Hasil: kurang lebih 380gram

Bahan:
* 500 gram dada ayam (dagingnya saja)
* 1 batang serai/sereh (memarkan)
* 3 lembar daun salam (sobek-sobek)
* 1 liter santan encer
* 1-2 sendok makan gula merah sisir (bisa ditambah)
* 1-2 sendok makan kecap manis (bisa ditambah agar warna abon lebih pekat)
* secukupnya gula putih, garam, kaldu bubuk (saya pakai kaldu jamur)

Bumbu halus (diulek atau blender jadi satu):
* 5 siung bawang putih
* 6 siung bawang merah
* 1 sendok makan ketumbar bubuk

Cara membuat:
^ Rebus ayam hingga matang, kemudian suwir suwir dan tumbuk di ulekan hingga halus, sisihkan.
^ Siapkan wajan, masukkan bumbu halus, santan, gula merah,sereh, daun salam, kecap manis dan ayam yang sudah ditumbuk. Masak hingga santan menyusut (gunakan api kecil setelah santan habis) Cicipi rasanya, tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk (kecap manis bisa ditambahkan lebih jika dirasa warna ayam masih pucat)
^ Setelah mulai kering, harus sering diaduk agar tidak gosong dan tetap gunakan api kecil
^ Tanda abon mulai kering adalah ketika kita menumis abon menjadi lebih ringan (mirip pembuatan serundeng), dan tidak menggumpal satu sama lain.
^ Tunggu hingga benar-benar dingin baru pindahkan ke toples

Kuncinya dalam pembuatan abon ini adalah SABAR, kok kelihatannya udah kering ternyata belom ya SABAR, bawahnya agak gosong ya SABAR ?
Kalo ndak mau ribet ya beli aja monggo. Saya cuma mau sharing, jangan diambil ribet?

Note: Oiya saya baca di beberapa resep ada yang digoreng abonnya, saya sama sekali gak pakai minyak ya. Mungkin mereka pakai minyak untuk mempercepat proses keringnya karena memang kalau resep tanpa minyak ini agak LAMA keringnya

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/2686181748147819/

baca juga olahan abon kami yang lain disini

0/5 (0 Reviews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here