#ResepLangsungEnak
CHUI KAO SO (Modifikasi)
Aaangel tenan jenenge.
Aku bilang modifikasi karena ada bahan yang ditambah dan ada juga yang dikurangi.
Aku tambah sedikit susu bubuk dan maizena serta aku skip soda di sini. Untuk rasa dan tekstur alhamdulillah sama sih.
Bikin ini iseng aja karena mau kasih kerjaan genduk. Daripada dia nonton TV atau main HP lebih baik aku kasih kesibukan. Bingung dia sekolah libur, mau main juga males puasa-puasa panas pula.

Cookies ini gampang banget bikinnya. Aku cuma siapin bahan. Dari ngadon, nyetak sampai toping dia yang kerjakan.
Aku cuma bantu gepengin/pipihin dikit sama oles kuning telur.
Source : Riyas Irmadona

Bahan :
220 gram tepung terigu (bisa protein rendah bisa protein sedang)
20 gram maizena
10 gram susu bubuk
100 ml minyak goreng
70 gram gula halus (aku pakai gula diblender, kalau mau dapat tekstur yang kasar mitip kacang gulanya di utuhin saja)
80 gram butter mix margarin (aku pakai Plmia Ryal)
1 butir kuning telur
1/4 sdt garam (aku dua jumput)
1/4 sdt BP

Note: Kalau mau skip susu bubuk dan maizena juga bisa. Tapi ukuran terigu menjadi 250 gram.

Bahan olesan dan toping :
1 butir kuning telur
3 sdm wijen yang sudah disangrai

Cara membuat :

  1. Campur terigu, garam, gula halus, susu bubuk dan maizena jadi satu lalu diayak.
  2. Campurkan minyak goreng, margarin dan kuning telur. Aduk perlahan menggunakan spatula hingga tercampur rata semuanya.
  3. Istirahatkan adonan selama kurang lebih 15 menit, bisa di taruh dikulkas.
  4. Bulatkan adonan dengan ukuran sesuai selera, tata di atas loyang. Tidak perlu dioles apa-apa loyangnya yah. Nggak akan lengket kok. Lalu pipihkan/gepengkan adonan menggunakan sendok sampai ketebalan yang diinginkan.
    Lakukan semua sampai adonan habis.
  5. Olesi dengan kuning telur, lalu taburi wijen di atasnya.
  6. Panggang adonan dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya. Panggang selama kurang lebih 30 menit (tergantung suhu oven masing-masing). Aku pakai otang dengan suhu 140 selama 30 menit. Sambil dicek juga kadang mindahi dari rak tengah ke rak atas begitu juga sebaliknya sampai adonan mateng semua tanpa gosyong
  7. Setelah matang, keluarkan dari oven lalu dinginkan sebentar dan simpan dalam wadah kedap udara agar nggak melempem.
    Cookies ini rasa dan teksturnya mirip-mirip kue kacang. Jadi yang alergi sama kacang bisalah nyoba bikin ini karena beneran nggak ada kandungan kacangnya. Untuk yang alergi atau nggak suka wijen toping bisa diganti suka-suka.
    Bisa chocochips, springkle, almond, parutan keju atau kismis. Sesuai selera aja .
    Selamat Mencoba.

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/4086512628114717/
baca juga resep aneka kue kering kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here