Cheddar Cheese Cake by Hilda Gaudensia Balanda

0
72

Cheddar Cheese Cake by Hilda Gaudensia Balanda
Recipe by : mba Elly & aljo’s mom (milis NCC)
Rebake : Ricke “Ordinary Kitchen”
Rebake : Hilda Gaudensia Balanda
Bahan A:
130 gram susu cair
40 gram butter
125 gram keju cheddar, diparut halus
Bahan B (campur dan ayak):
20 gram tepung terigu protein sdang
15 gram maizena
Bahan C :
3 kuning telur
1 sdt parutan kulit jeruk lemon (biar wangiiiii…)
Bahan D :
3 putih telur
80-100 gram gula (sesuai selera manisnya)
1 sdt air jeruk lemon
Cara membuat:
1. Siapkan loyang bulat diameter 20 cm, oles alasnya dengan mentega, alasi kertas roti, oles lagi dengan mentega. (Untuk hasil yang lebih tinggi, bisa menggunakan loyang berdiameter 18 cm).
2. Tim bahan A sampai keju larut (kalau masih ada gerindilan sedikit kecil-kecil juga tidak apa-apa)
3. Masukkan bahan B selagi bahan A masih hangat (tapi jangan panas), aduk rata hingga lembut dan tidak bergerindil lagi terigunya. Pakai balloon whisker atau mixer kecepatan rendah sebentar aja.
4. Masukkan bahan C. Aduk rata. Sisihkan.
5. Kocok putih telur sampai berbusa, masukkan air jeruk lemon dan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai SOFT PEAK (jangan terlalu kaku dan kering, cukup sampai mengembang, creamy dan masih mengkilap).
6. Ambil sedikit adonan putih telur, masukkan ke campuran keju. Aduk rata. Masukkan campuran ini ke sisa putih telurnya. Aduk balik dan perlahan sampai merata.
7. Panggang dengan cara au bain marie selama 50 menit pake suhu 150-160°C atau pakai api kecil hingga matang dan permukaannya keemasan.
8. Setelah matang, biarkan di loyang hingga agak hangat dulu dan bagian pinggirnya terlihat agak menjauh dari sisi loyang. Kemudian dengan bantuan pisau tipis,seset bagian pinggirnya. Balikkan perlahan di atas serbet kering dan balikkan kembali ke piring saji. Biarkan dingin. Lalu hias sesuai selera.
Notes:
– Kunci utamanya ada di pengocokan putih telur, sampai SOFT PEAK saja. Jangan sampai terlalu kaku dan kering. Ini berlaku untuk JCC juga
– Jika putih telurnya terlalu kaku dan kering, hasil cakenya tidak akan lembut tapi cenderung lebih kering, berpori besar dan teksturnya mirip cake biasa. Normalnya testurnya lembut, lumer di mulut dan berpori halus. Selain itu jika putih telurnya terlalu kaku dan kering cake akan langsung amblas ketika sudah keluar dari oven. Cheesecake memang normal akan sedikit turun setelah keluar oven, tapi paling sekitar maksimal 1 cm aja.
– Panggang au bain marie –> panggang dengan cara steam bake yaitu loyang adonan diletakkan di loyang lain yang lebih pendek dan berisi air panas. Tinggi air maksimal 1/3 tinggi loyang adonan. Lebih bagus menggunakan loyang tanpa sambungan, jika menggunakan loyang biasa bungkus dengan alumunium foil yang tebal supaya tidak ada air yang merembes masuk.
– Saat membalik please handling with carefully, karena teksturnya yang lembut jika tidak hati-hati membaliknya nanti bisa rusak.

https://web.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1049230958509581/

simak resep cheese cake kami yang lain disini

#Langsungenak #ResepLangsungenak #KomunitasLangsungenak #FBGroupLangsungenak #LECheddarCheeseCake

0/5 (0 Reviews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here