Saya baru memulai usaha kecil-kecilan, ceker ala dimsum yang sudah dimodifikasi dengan rasa dan bumbu lokal. Meski belum skala besar, alhamdulillah setiap hari ada terima orderan.

Saya mau berbagi tips bagaimana mendapatkan tekstur ceker yang merekah, empuk, dan lepas dari tulangnya namun tidak hancur.

Ceker ayam dicuci bersih, potong ujung kukunya dari bagian sendi yang paling atas. Buang bagian kotor dan keras di daerah telapak, setelah dibuang kotorannya sayat sedikit bagian telapaknya agar ketika digoreng tidak terlalu horor letupannya.
Beri sedikit cuka, diamkan sebentar lalu bilas dengan air mengalir, tiriskan. Bila perlu kurangi kadar airnya dengan tisu dapur.
Goreng ceker hingga kering dalam minyak yang banyak dan panas, tutup dengan tutup panci/wajan. Setelah kering langsung masukkan ke dalam air es agar tekstur ceker melepuh dan merekah, rendam minimal 3 jam. Saya merendam hingga 12 jam untuk hasil maksimal. Tiriskan.

READ  tips membuat Soft Cookie by Laxmiie Warrie

Bila menggunakan presto, presto 1kg ceker bersama bumbu yang sudah dididihkan bersama 600ml air selama 30 menit terhitung sejak panci berdesis.
Setelah 30 menit matikan api.

Bila tidak menggunakan presto, gunakan air kira-kira 800ml untuk 1kg ceker dan lama memasak kira-kira 2 jam dengan api kecil atau sampai ceker empuk.

Yang kepo sama bakulan saya, silakan intip FB page Ceker Kembu dan follow IG @komporkembu

baca juga kreasi ceker kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini