Bubur Kacang Ijo by Indy Ajeng Prameswari

0
1781
Bubur Kacang Ijo by Indy Ajeng Prameswari

Bubur Kacang Ijo by Indy Ajeng Prameswari

Mengkonsumsi kacang ijo selama masa kehamilan sangat baik manfaatnya bagi janin maupun ibu hamil. Banyak sekali vitamin dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Diantaranya, Asam folat: sangat baik buat perkembangan kecerdasan janin, kalsium: sangat baik buat pertumbuhan tulang janin dan perbaikan tulang buat ibu hamil agar tidak sampai mengalami keropos tulang, serat: baik untuk ibu hamil agar bisa mengontrol kadar karbohidrat serta kandungan serat sangat cepat diserap oleh janin. Berdasarkan pengalaman konsultasi saya dengan dokter kandungan, bahwa asupan karbohidrat yang terlalu banyak dalam nasi hanya sekian persen saja yang diserap oleh janin selebihnya banyak diserap oleh sang ibu. Oleh sebab itu kegemukan banyak dialami oleh ibu hamil. Selain beberapa manfaat diatas, masih banyak lagi manfaat dari si kecil ijo ajaib ini.
Ada beberapa tehnik pengolahan kacang ijo yang baik. Namun yang mau saya bagikan yaitu memanfaatkan kacang ijo menjadi minuman sari kacang ijo yang segar serta bubur kacang ijo yang menyehatkan. Banyak pendapat yang bilang bahwa kandungan air dari rebusan kacang ijo itulah bagian yang paling menyehatkan, dengan catatan air rebusan itu di dapat sebelum kacang ijo yang direbus itu pecah. Nah, agar ampas kacang ijo tidak terbuang, maka kita bisa membuatnya menjadi bubur.
Bahan yang saya buat kebetulan cuma sedikit. Karena memang untuk saya konsumsi 1-2hari saja.
Bahan:
125 gr kacang ijo
3 sdm tepung beras
1 sdm tepung maizena
Susu/ santan buat kuah bubur
1 sdt garam
Gula secukupnya
Air secukupnya
Cara membuat minuman sari kacang ijo:
Cuci sampai bersih dan rebus kacang ijo dengan air sesuai yang Bunda inginkan. Rebus sampai kacang ijo terasa setengah empuk dan jangan sampai pecah. Air biasanya akan berwarna hijau agak bening. Sisihkan dengan tambah beberapa sendok gula sesuai selera Bunda. Bisa disimpan di kulkas biar terasa lebih segar saat mengkonsumsinya di siang hari. Atau bisa juga diminum hangat-hangat di udara yang dingin.
Cara membuat bubur kacang ijo:
Sisa dari pengambilan air sari kacang ijo tadi, tetap taruh di dalam panci lalu tambahkan sekitar 500 ml air. Lanjutkan merebus kacang ijo sampai benar-benar empuk dan pecah. Tambahkan air lagi jika kurang. Setelah dirasa cukup empuk, sisakan kira-kira 700 ml air bisa dengan ditambah air lagi pada rebusan terakhir ini.
Siapkan tepung beras, maizena, dan garam. Aduk semua bahan itu dengan segelas air kecil. Setelah tercampur rata dan tidak menggumpal, segera masukan ke dalam panci yang berisi rebusan kacang ijo tadi. Aduk sebentar dan jika sudah mengental rata segera matikan kompor. Bubur sudah siap.
Boleh ditambahkan kuah santan yang diberi gula atau bisa juga memakai susu siap minum. Dan bubur kacang ijo pun siap disajikan.
Nb : Oh ya, bagi yang masih program hamil minuman sari kacang ijo tadi kandungan asam folatnya juga sangat membantu untuk mempercepat memperoleh keturunan loh.

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/808222835943729/

simak olahan kacang kami yang lain disini

#Langsungenak #ResepLangsungenak #KomunitasLangsungenak #FBGroupLangsungenak

0/5 (0 Reviews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here