#RESEPLANGSUNGENAK

Assalamualaikum,
Lama sekali saya tidak posting di grup langsung enak ini semenjak facebook lama saya murniasri sarifudin tidak bisa dibuka gara-gara lupa password.

Oiya, beberapa waktu lalu saya coba membuat bika ambon tanpa biang dan raginya tanpa diaktifkan terlebih dahulu karena saya yakin kualitas raginya masih bagus.

Sebelumnya saya selalu berpikir kalau bika ambon ini kue yang lumayan ribet cara buatnya karena ketika baru baca resep saja sudah pusing lihat urutan prosesnya yang biasanya panjang sekali hehehe.

Tetapi setelah saya coba metode yang saya pakai yaitu tanpa biang/ semua bahan langsung cemplung dan aduk-aduk saja ternyata hasilnya tetap sempurna menul-menul lentur dan berserat cantik bika ambonnya. Saya pikir membuat bika ambon ini sangat mudah.

Metode tanpa biang ini alhamdulillah sudah banyak yang mencoba dan berhasil bahkan baru perdana buat langsung sukses, maka dari itu saya berani share di grup ini.

Jadi menurut saya, membuat bika ambon itu asalkan ragi aktif Insya Allah pasti mengembang dan berserat ya.
Kalau teman-teman tidak yakin dengan kualitas ragi yang dipakai, boleh coba tetap diaktifkan dulu ya dengan air kelapanya/ air putih.

Mohon dibaca lengkap dengan cara membuatnya supaya tidak gagal jika praktek.

BIKA AMBON EKONOMIS

Bahan:
200 gram tepung tapioka
100 gram tepung terigu protein sedang
220 gram gula pasir
1 sendok teh garam
600 ml santan kental(dari 1 butir kelapa)
2 batang sereh geprek
6 lembar daun jeruk buang tulang daunnya
1 sendok teh kunyit bubuk
4 butir telur
30 gram margarin
6 gram ragi instant/ boleh sampai 8 gram
100 ml air kelapa (waktu beli santan minta air kelapanya jangan dibuang, tapi bawa pulang)

Cara membuat:

  1. Masak santan, sereh, kunyit bubuk dan daun jeruk sampai santan mendidih, biarkan mendidih dan kecilkan api. Masak selama 10 menit sambil terus diaduk-aduk.
    Lalu matikan api dan diamkan santan sampai dingin.
    Setelah dingin kemudian saring santan dan ambil 400 ml saja lalu sisihkan. Biasanya santan yang dimasak tadi sisa sedikit/ malahan pas.
  2. Lelehkan margarin sisihkan.
  3. Kocok lepas telur dengan menggunakan whisker/ garpu, lalu sisihkan.
  4. Dalam wadah masukkan tepung tapioka, terigu, gula pasir, dan garam, aduk sampai tercampur rata.
  5. Masukkan ragi instant, air kelapa, aduk kembali, kemudian masukan santan setengahnya dulu. Aduk sampai tercampur rata dan gula terasa larut.
  6. Kemudian masukkan semua sisa santan, telur yang sudah dikocok lepas, dan margarin cair. Aduk lagi sampai tercampur rata, hasil adonan terlihat encer.
  7. Tutup adonan dengan plastik wrap/ apapun yang penting rapat, diamkan 60- 90 menit/ tergantung suhu ruang. Semakin panas suhu ruang biasanya semakin cepat naik buihnya. Harus sering dicek ya supaya tidak over fermentasi.
  8. Adonan yang sudah didiamkan akan terlihat mengembang dan berbuih, dan ada aroma seperti tape wangi. Aduk adonan sampai rata kembali.
  9. Panaskan snack maker dengan api kecil. Sebelum adonan dituang, tes dengan cipratan air. Kalau sudah berbunyi cess berarti cetakan siap digunakan.
  10. Setelah cetakan panas, tuang adonan 3/4 bagian. Setelah terlihat berpori bagian permukaannya lalu tutup cetakan dan biarkan sampai permukaan atas kue kering/ matang.

Angkat dan sajikan.
Selamat mencoba

Video lengkap cara pembuatan bisa dilihat di channel youtube saya:

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/3837460649686584/

simak resep bika ambon kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here