#RESEPLANGSUNGENAK
Baguette
Ini salah satu roti kesukaan saya, pernah buat dan gagal, kemudian kemarin saya nonton youtube cara buat si Baguette ini biar tetap renyah diluar dan empuk chewy untuk isinya.
Bahan :
1 cup tepung terigu protein tinggi ( setara 240ml )
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh ragi
100ml air hangat suam-suam kuku
Cara membuat :
– Campur tepung dan garam jadi satu
– Campur air hangat, sedikit terigu ( 1/2 sendok teh ) dan ragi, diamkan hingga berbusa tanda ragi aktif
– Campur tepung dan ragi uleni hingga tercampur rata, cukup sampai tercampur rata dan diamkan 15 menit tutup dengan handuk/lap, lanjut kembali dengan melipat adonan dari 4 arah berbeda diamkan kembali 15 menit dan proses ini dilakukan selama 4 kali, jangan lupa lumuri tangan ( saya pakai spatula ) dengan minyak goreng. Setelah 4 kali melipat adonan cek adonan apakah sudah ada window pane-nya atau kalis elastis jika sudah potong jadi 2 dan bentuk memanjang dialas yang sudah ditaburi terigu agar tidak lengket kemudian taruh diatas loyang yang sudah dialasi baking paper tutup handuk/kain tunggu 60 menit.
Iris salah satu sisi adonan roti dengan pisau secara memanjang agar saat dipanggang muncul rekahan.
Proses baking :
– Siapkan baki besi isi air taruh di dalam oven paling bawah, kemudian semprot oven dengan air dan panaskan oven suhu 200°C selama 10 menit
– Semprot adonan roti dengan air, kemudian masukan loyang kedalam oven panggang selama 40 menit, ketika 15 menit pertama buka oven dan semprot kembali bagian dalam oven. Tunggu hingga roti matang kecoklatan.
Proses ini membuat kulit roti renyah dan isi tetap empuk chewy saat dikunyah.
Baguette biasa saya jadikan base sandwich ( boleh diisi apa saja ) atau garlic bread ( ditoast kembali dengan garlic butter dan parmesan )
Saya repost kembali karena tadi belum selesai ngetik sudah kepost, stay healthy for us.

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/3365904516842202/

baca juga resep aneka roti kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here