ayam pop

Ayam pop gurih. Kenapa saya bilang gurih karena saya memasukan satu bahan yang membuat ayam ini makin gurih. Dimasak dengan diungkep diapi kecil dan tanpa buka tutup wajan. Menjadikan ayam pop gurih ini betul betul gurih, lembut, bumbu juga menyerap sampai ketulang. Apa rahasia bumbu gurihnya?, biasanya ayam pop memakai air kelapa muda ini saya ganti dengan campuran fresh cream satu setengan sendok makan dengan 700 ml air matang.. ada yang mau coba.. hehe..

Ayam Pop Gurih by Susianne Flo S

Bahan bahan :
1 ekor ayam potong atau ayam kampung atau 2 ekor ayam pejantan
1 buah jeruk nipis
2 lembar daun salam
2 batang serai digeprek
4 cm lengkuas digeprek
3 lembar daun jeruk
700 ml air matang
1 1/2 sdm fresh cream atau whipping cream diary yang nabati (*saya pakai merk vivo) atau bisa juga menggunakan air kelapa 700 ml skip air matang
1sdt kaldu bubuk ayamatau penyedap sesuai selera
minyak untuk menggoreng secukupnya
Haluskan :
8 siung bawang putih
4 butir bawang merah
6 butir kemiri
garam secukupnya

CARA MEMBUAT AYAM POP :
Potong-potong ayam menjadi beberapa bagian menurut selera dan cuci hingga bersih, bisa juga lepas kulitnya kemudian lumuri dengan air jeruk nipis yang diambil dari setengah jeruk nipis. Cuci bersih kembali lalu lumuri dengan bumbu yang dihaluskan.
Tuang air matang ke wadah masukan fresh cream aduk sebentar sisihkan. Panaskan minyak diwajan lalu masukkan daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas dan kaldu bubuk serta masukkan ayam yang sudah dilumuri bumbu tadi. Aduk aduk sebentar lalu masukan air matang yang sudah ditambah fresh cream tambah dengan perasan air jeruk nipis sisa. Masak dengan diungkep (tutup dengan tutup wajan atau panci) set diapi yang cenderung kecil. Biarkan jangan dibuka tutup ya hingga air agak menyurut. Cicipi sebentar jika sudah pas rasanya tutup krmbali segera. Tunggu hingga kuah atau rebusan air hampir habis, buka tutup aduk aduk hingga kuah menyurut dan bumbu menyerap. Matikan api, angkat dan tiriskan.
Panaskan minyak goreng kemudian goreng ayam sebentar saja hanya dicelupkan ke minyak yang sudah benar-benar panas. Celupkan bolak-balik lalu angkat dan tiriskan serta siap untuk disajikan bersama sambal lado ijo.

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10205725899340168&set=gm.755934237839256&type=1&theater

0/5 (0 Reviews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here