#ResepLangsungEnak
Pagi ini Mojokerto cuaca cerah namun berasa hawa dingin mungkin efek musim penghujan, bagaimana dengan cuaca di kota bunda panda

Wajik berbahan beras ketan yang tentunya bunda panda sudah sangat kenal dengan makanan satu ini, di tempat kami wajik menjadi makanan wajib untuk dihidangkan dalam pernikahan karna mempunyai filosofi untuk sepasang pengantin. Sifat ketan yang lengket diharapkan pengantin senantiasa lengket dalam kondisi apapun sampai tua kelak.

Wajik bisa dibuat versi coklat dengan bahan gula Jawa namun bisa juga dibuat versi hijau dengan bahan pewarna nya dari endapan daun pandan. Keduanya memiliki cita rasa yang tinggi dan pagi ini bibi diminta untuk membuatkan wajik pandan untuk hantaran pernikahan.

Bahan :

  • 1750 gram beras ketan (cuci bersih dan rendam 12 jam agar wajik tidak klenis)
  • 900 gram gula pasir
  • 1 liter santan kental (dari 4butir kelapa yang diambil hanya santan kentalnya saja, sisakan kelapa parut sedikit kira kira setengah gelas belimbing untuk dicampur dengan ketan sebagai hiasan atas wajik)
  • Endapan daun pandan (10 daun pandan Suji 10 daun pandan wangi ditumbuk dan diperas)
  • Beberapa lembar daun pandan
  • 400 ml air panas

Cara :

  1. Panaskan dandang yang air nya telah diberi daun pandan. Sambil menunggu air dalam dandang mendidih, cuci kembali beras ketan yang telah direndam. Kukus beras ketan sekitar 15 menit lalu angkat. Ambil kira kira 2 entong taruh di tempat terpisah dan dicampur dengan sisa kelapa parut beri sedikit garam lalu kukus di dandang terpisah untuk tetel ketan hiasan di atas wajik.
  2. Beras ketan yang jumlah banyak tadi kita aron dengan air panas biarkan air meresap lalu kukus lagi selama kurang lebih 45 menit.
  3. Sambil menunggu beras ketan di kukus, rebus santan kental gula dan endapan pandan sambil terus diaduk sampai larutan menjadi benar-benar kental, kecilkan api sampai api lilin.
  4. Jika beras ketan sudah matang dikukus selama kurang lebih 45 menit angkat dan langsung masukkan ke dalam larutan santan dan gula tadi, aduk terus sampai tercampur rata dan set.
  5. Wajik pandan siap dicetak dan atasnya dihias dengan tetel ketan.

Cara menghias dengan tetel ketan sama seperti cara kita menghias kue tart dengan foundant. Tetel ketal dipipihkan lalu dipotong potong bulat dengan pemotong cookies dan selanjutnya kita hias diatas wajik dengan kreasi menurut selera masing-masing.
Sebentar lagi bulan haji tiba tentunya banyak yang menikah banyak pula yang melangsungkan pertunangan. Saat bulan haji pesanan wajik biasanya meningkat. Semoga bermanfaat dan selalu sehat untuk semuanya

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/posts/4272864876146157/
baca juga resep wajik kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here