#tipsdantrik
#menggilingdaging

Banyak teman yang tanya, “kenapa sih kalau nggiling daging, dagingnya harus dimasukkan kulkas lebih dulu?”
Awalnya, karena males. Jadi setelah di-fillet dan dipotong dadu, karena males menggiling, dimasukkan dulu ke kulkas, sembari istirahat. Tapi, semakin berjalannya waktu memasukkan daging ke kulkas jadi kewajiban sebelum digiling.
Alasannya :

Daging yang tidak dingin akan sulit untuk digiling. Tekstur daging cenderung liat. Bila sudah dimasukkan ke kulkas/freezer, daging akan lebih keras dan memudahkan untuk proses gilingnya.

Sependek pengamatan, bila memerhatikan orang yang menggiling daging untuk bakso di pasar, mereka akan memasukkan potongan es. Alasannya kalau tidak dimasukkan es, bakso tidak akan kenyal.
Hasil pencarian di Google, menggiling daging dalam jumlah besar akan membuat mesin giling menjadi panas. Kala panas dari mesin menyentuh daging, maka ada protein di dalam daging yang ‘dimasak’, sehingga membuat daging tidak lagi kenyal saat proses berikutnya.

READ  TONGSENG DAGING SAPI ala resto by Catharina Maria Sri Sumarti

Menghindari adonan yang basah dan susah dibentuk, karena daging sudah dingin, maka tidak perlu menambah es batu lagi. Tidak ada es batu, maka tidak ada tambahan air.
Bila menggunakan es batu? Maka akan membuat adonan makin basah dan perlu menambahkan tepung (maizena, tapioka, terigu, dan semacamnya). Ini akan menambah bobot adonan dan mengubah rasa dari daging itu sendiri. Minimal penggunaan bumbu yang lebih banyak dibanding tidak menggunakan es batu.

Berapa lama di dalam kulkas?
Kalau malasnya lagi kumat, daging bisa berdiam di kulkas semalaman. Tapi, bila lagi dikejar deadline? 1 jam di dalam freezer, sudah bisa digiling.
Kami biasanya memasukkan daging yang sudah dipotong dadu ke dalam plastik sehingga memudahkan penggilingan. Patokan kami, per resep 350gr daging yang telah dipotong dadu.

READ  Huwaaa, Telurku Berdiri Di Khatulistiwa by Nina Yusab

Kesimpulan (berdasarkan pengalaman kami) :

  • Mendiamkan daging di dalam kulkas beberapa saat akan memudahkan proses giling.
  • Bila daging sudah dingin, tidak perlu menambahkan lagi es batu. Tanpa tambahan es batu, penggunaan tepung bisa dikurangi, penggunaan bumbu bisa lebih efisien.

Foto : hasil giling 700gr daging yang telah berdiam di dalam kulkas tanpa penambahan tepung.

baca juga aneka tips dan trik kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini