Tuna Asam Padeh Minang by Hanny Sulistioriny

Bahan:
– Ikan tuna potong(1/2 kilo/selera)

*Bumbu yang di haluskan:
– Bawang merah(kira-kira 10 buah/selera)
– Bawang putih(kira-kira 7 buah/selera)
– Cabe merah kriting(1 ons/bisa 1/4 kilo/selera)
– Rawit jawa yg merah(10 buah/selera)
– Tomat(4 buah/selera)
– Belimbing wuluh/belimbing sayur(5 buah/
selera)
– Garam(1 sendok teh/selera)
– Gula(sedikit aja boleh di skip/selera)
– Penyedap(sedikit aja boleh di skip/selera)

*Bumbu yang di geprek/bumbu kasar:

– Salam(5 helai/selera)
– Sereh(5 helai/selera)
– Lengkoas/laos(1 ruas jari jempol/selera)
– Jahe(1 ruas jari jempol/selera)
– Daun jeruk(5 helai/selera)
– Daun kunyit(1 lembar/selera)
– Minyak goreng(kira-kira 1 sendok sayur buat
numis bumbu dan ikan/selera)
– Air(kira-kira 10 gelas belimbing/selera)

READ  Pindang Ikan Patin by Ervina Hasti

*Cara buat:

-Panaskan minyak goreng,masukkan bumbu halus dan bumbu kasar/bumbu yang di geprek ke dalam minyak goreng lalu di tumis mix jadi satu,aduk sebentar sampe wangi,
-masukkan tuna ke dalam bumbu sambil di aduk sebentar,tambahkan air,aduk lagi sebentar,diamkan kira-kira 15 menit sampai matang,
-lalu ikan nya di balik lagi biar matang nya merata,diamkan lagi kira-kira 15 menit sampe bumbunya meresap ke dalam ikan nya dan airmya sampe agak sat/mengental dan warnanya jadi agak merah,
-jangan lupa cicipi dulu rasanya ya bun kira-kira garamnya udah pas atau belum,hehehe,
-kalau ikannya udah matang,angkat hidangkan,selamat mencoba ya bun,mudah-mudahan cocok rasanya dengan selera saya?

READ  Ikan Bandeng Masak Bumbu Bali by Santy Nurul

***Note;
mohon maaf buntik bunsay,semua bahan saya nulisnya pake tulisan kira-kira/selera,soalnya biasanya kalau masak saya ga pernah di takar,selalu pake feeling,saya suka bingung kalau pake takaran

kalau mau medok bumbunya boleh di tambah lagi kok,ikannya juga boleh di tambah lagi kalau mau agak banyakan,tuna nya boleh di ganti dengan tongkol/kembung/patin/kakap/lele,

daging sapi/ayam,apa aja bisa kok,pokoknya semua terserah selera masing-masing aja dah,hehehe,

khusus daging sapi/ayam harus di rebus dulu sampe empuk ya bun sebelum di campur dengan bumbu,semua bumbu saya ga pernah pake blender,manual aja bun,pake ulekan,makanya tangan saya jadi kayak samson keker banget

maaf karena saya kurang suka kalau pake blender,rasanya gimana gitu kalau pake blender,kurang sedep menurut saya loh,tapi selera masing-masing aja ya bun bebas aja kok,semua resep dan carbut udah saya tulis disini ya bun,tolong jangan tanya lagi ya bun udah lengkap banget loh,

READ  Tumis Sayur Nangka by Nataria Prabu Seno

soalnya saya punya momongan ponakan masih balita 2 orang,jadi sibuk ngemong ponakan dan anak-anak dirumah,jadi jarang standby hp,hehe,buat yang seandainya nanti ada yang ketinggalan bacanya tolong manjat aja sedikit ke atas ya bun,tolong di bantu copas nya ya bun.maap tulisannya panjang banget kayak nulis surat aja,hihihi

simak olahan tuna kami yang lain di sini

https://web.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1472374162861923/

#Langsungenak #ResepLangsungenak #KomunitasLangsungenak #FBGroupLangsungenak
#LeTunaAsamPadehMinang

4/5 (1 Review)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini