#tipsdantrik

Assalamuallaikum
Kali ini pengen membahas seputar soes dan eclairs. Saya yakin digrup ini banyak yang jago bikin soes. Tapi ada juga yang masih belum berhasil menaklukan kue yang satu ini.

Saya mau berbagi tips dan trik gimana supaya bikin soes yang cantik. Enak dipandang dan laris dijual.
Semua ini berdasarkan pengalaman saya ya. Jadi jangan dibully.

  1. Adonan kulit tidak boleh terlalu encer. Itu sebabnya saya selalu menimbang telur yang akan digunakan. Untuk soes biasanya saya pakai sekitar 225-230gr telur utuh untuk resep kulit soes ibu fatmah Dan untuk eclairs biasanya sekitar 210-215gr telur utuh untuk resep fah um yasmin.
  2. Pastikan suhu oven sudah 200°C sebelum mulai memanggang. Saya hanya pakai api bawah. Biasanya saya setelah mengembang dan agak kecoklatan saya turunkan sedikit aja apinya.
  3. Loyang boleh diputar karena api dioven biasanya tidak rata. Tapi tunggu sampai dia sedikit kecoklatan baru diputar ya loyangnya. Saya pakai oven bma mst*r 2 rak. Biasanya saya taruh rak bawah. Menjelang matang baru saya pindah ke rak atas supaya permukaan soes kering. Dan biasanya kalau pesanan banyak rak bawah lanjut saya isi loyang berikutnya.
  4. Terkadang kita terlalu senang karena melihat soes sudah mengembang dan buru-buru dikeluarkan. Sementara soes butuh waktu supaya dia kokoh dan matang ditengah. Ini kesalahan yang menyebabkan soes kempes. Jd biarkan soes dirak atas sampai dia agak coklat dan kokoh.
  5. Saya lebih suka pakai cetakan pie untuk memanggang soes. Kalau eclairs langsung diloyangnya.
  6. Saat mendidihkan air dan margarine pastikan sampai margarine benar-benar larut seluruhnya. Baru tuang tepung terigu protein tinggi. Aduk sampai kalis tidak ada yang menempel dipanci. Dan terigu tidak ada yang menggumpal.
  7. Memasukkan telur dalam kondisi adonan sudah hangat. Bila masih panas telur akan matang itu membuat kulit soes menjadi tebal.
  8. Masukkan telur satu persatu. Setiap memasukkan telur biarkan dulu sampai telur rata sama adonan. Supaya adonan licin dan mulus.
    Nah itu tips dan trik dari saya semoga bermanfaat. Mohon maaf bila dianggap menyalahi aturan cara membuat soes. Tapi alhamdulillah langkah-langkah diatas selama ini berhasil saya jalani.
    Semoga berhasil juga buat yang penasaran sama si kue soes.

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/3862135967219052/

baca juga resep kue soes kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here