#RESEPLANGSUNGENAK
#TIPSDANTRIK
MIPO alias MISOA GORENG

UPDATE, banyak yang tanya bungkusnya kayak apa. Aku kasih contoh satu, tapi merek aku tutup kuatir menyalahi tata tertib. Mereknya boleh apa saja kok.

Ini pengalaman pribadi ya. Aku mau share urusan masak di dapurku. Begini: Kalau belajar masak tuh jangan hanya terpaku pada resep Ternyata yang namanya teknik itu penting banget. Resep mudah dicari di internet. Ribuan bahkan jutaan resep beredar siap dipraktekkan. Tapi kalau tidak menggunakan teknik yang benar, dijamin gagal total.

Kejadian banget saat aku pertama kali membuat MIPO ini. Sedari kecil entah kenapa aku menyebutnya MIPO alias MISOA GORENG. Pertama bikin itu secepat airnya mendidih dan rasanya pas, si misoa aku masukkan, aduk sebentar dan api kumatikan. Kupikir air akan meresap dan kemudian si misoa akan padat/set saat dingin. Ternyata tidak! Misoa tidak padat dan gagal untuk dipotong. Tetap kayak sup nyemek saja.

READ  SUSHI LEMPER AYAM by Ika Kusuma

Akhirnya konsultasi sama mbak Diah Didi dan ternyata kuncinya adalah dipengadukan yang cukup, harus sampai air terserap habis selagi pas dimasak!

Jadi, sejak saat itu MIPOku selalu jadi, padat dan tak pernah gagal lagi. Mau tahu bahannya juga? Ini aku berikan resep hasil modifikasi dari yang banyak beredar di internet. Menurutku ini paling pas, setidaknya untukku.

teknik salah dijamin gagal total MIPO alias MISOA GORENG by Nina Susilowati 1

MIPO SAYUR
by Nina Susilowati

BAHAN
3 bungkus misoa @130 gr
1200 ml air
1 sachet kaldu ayam
1/2 sdt garam
2 bh wortel, serut
3 btg daun bawang, iris halus
1 sdt lada bubuk
1 sdm margarin
3 btr telur, kocok lepas
1 lt minyak goreng

READ  Kremesan antigagal By Deasy Yovita

BUMBU dihaluskan
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih

CARA MEMBUAT MISOA GORENG

  1. Tumis bawang merah, bawang putih, garam dan lada bubuk dengan margarin sampai harum
  2. Tambahkan air dan kaldu bubuk, terus masak hingga mendidih
  3. Masukkan wortel, daun bawang dan misoa. Dan aduk terus sampai air terserap habis.
  4. Siapkan loyang yang biasa untuk bolu gukung ukuran 30×30 cm, alasai dengan plastik tahan panas. Tuangkan adonan misoa dan ratakan. Biarkan dingin. Misoa akan set atau padat saat dingin. Bila perlu bisa kok kemudian dimasukkan ke kulkas sebentar biar lebih padat. Potong-potong sesuai selera.
  5. Siapkan wajan dan minyak goreng. Biarkan panas pakai api sedang saja. Ambil sepotong misoa, celupkan di telur dan goreng. Sekali goreng biasanya antara 5-6 potong, yang penting tercelup minyak panas semua. Kalau sudah kuning keemasan tiriskan dan sajikan
READ  Sapo Tahu by Flora Puspita Widjaja

TIPS DAN TRIK

  • Kalau suka bisa ditambahkan udang atau ayam, pastikan tercacah/giling karena kalau irisan saja, nanti akan mengganggu saat dipotong
  • Loyang boleh ukuran apa saja kok. Sesuai selera saja
4/5 (1 Review)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini