#TIPSLANGSUNGENAK
Alhamdulillah Group Langsung Enak sudah mulai tertib kembali. Setelah sekian lama tidak posting, kali ini saya mau sharing tips membuat cake 3 dimensi. Bentuknya bisa apa saja, tapi kurang lebih langkah-langkahnya sama.
Step by step Racing Car 3 Dimensi
Step 1 : Crafting the cake.
Cakenya dibentuk sesuai skala mobil realnya. Kalau saya pakai laptop, jadi presisi ukurannya bisa pas sampai milimeternya. Mulai dari tampak samping kanan kiri, atas bawah, depan belakang, termasuk ketebalan moncong mobil, tinggi atap mobil, pantat mobil, ukuran dan posisi ban, size jendela mobil, dan ukuran bagian lainnya.
Step 2 : Covering the cake with ganache.
Tahapan ini penting banget untuk membuat cakenya mulus. Jangan terlalu tebal, dan jangan ketipisan. Lalu masukkan cake ke freezer kira-kira 30-60 menit.
Step 3 : Smoothing the cake.
Saat ganache sudah mengeras, rapikan permukaan cake dengan pisau agar permukaan cake lebih mulus, tidak ada sudut yang tajam, dan pastikan semua permukaan cake tidak ada lubang-lubang kecil.
Step by step Racing Car 3 Dimensi by Amitya Koesnowadi 1
Step 4 : Covering the cake with fondant.
Gilas fondant dengan ketebalan 2-3 milimeter lalu cover cake. Untuk cake racing car ini, saya alasnya membuat struktur sendiri dengan bantuan kertas gajah 1.5 milimeter dan sedikit stereofoam yang semuanya dilapis alumunium foil. Jadi bisa terlihat kalau mobilnya ngambang ya. Tujuannya supaya tampak real saat roda mobil sudah terpasang nanti. Sayangnya kelupaan difoto alasnya.
Step 5 : Marking the design of your car exteriors.
Ini pekerjaan yang lumayan memakan waktu banyak, karena harus bolak balik lihat laptop untuk check ukuran dan posisi segala macam. Misal, lebar jendela, jarak pintu, letak ban, dan bagian detail lainnya.
Step 6 : Decorating your cake.
Tahap terakhir yang paling melelahkan. Membuat strips, menggunting logo-logo sponsors, dan detail lainnya. Disini logo-logo saya pakai print edible.
Step by step Racing Car 3 Dimensi by Amitya Koesnowadi 2
Step 7 : Final check. Saya baru sadar kalau lupa memberi spion dan pegangan pintu. Jadi bisa dilihat bedanya foto di Step 6 (belum ada spion dan pegangan pintu) dan Step 7 (yang sudah lengkap). Bahkan saat buat video pun saya masih belum sadar kalau kurang spion dan pegangan mobil
Semoga bermanfaat sharingnya ya.

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/2723254811107179/

simak aneka tips dan trik kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here