Soup Bening Daging Kuda by Mama Wulan

(FB:  Arlina Terapist Muslimah Makassar)

– 500gr daging kuda bagian paha atau bagian mana saja, iris kotak /potong dadu buang lemaknya, cuci bersih tiriskan lalu campur baking soda (khusus foodgrade) 1 sdm yang dilarutkan dengan 200ml air matang selama 1 jam kemudian bilas dan tiriskan kembali.
– Sayurannya ada wortel, kentang, kol, daun bawang dan jagung pipil.
Sesuaikan dengan selera untuk banyaknya jumlah sayuran yang akan digunakan,cuci bersih, potong-potong sesuai selera, sisihkan.

Bumbu : uleg halus 3 siung bawang putih,5 siung bawang merah,1 ruas kecil jahe,setelah halus tambahkan 1 sdt merica bubuk,1 sdt ketumbar bubuk.

Cara buat : Tumis dalam panci sup sampai wangi bumbu yang sudah dihaluskan,tambahkan air secukupnya untuk merebus daging sampai lunak, setelah air rebusan mendidih dan daging kuda mulai lunak masukkan 2 batang sereh yang sudah digeprek, 1 ruas lengkuas memarkan dan 3 lembar daun salam kedalam rebusan daging kemudian masukan sayuran secara berturut-turut dimulai dari sayuran yang bertekstur keras kemudian yang mudah layu dan empuk.
Masak sampai mendidih, matikan api, masukkan terakhir garam dan penyedap rasa bila suka, icip rasanya bila sudah pas boleh disajikan dengan tambahan irisan daun bawang dan bawang goreng,cabe rawit giling dan jeruk nipis.
Selamat mencoba, semoga menjadi berkah dibulan suci, indahnya berbagi 🙂

Noted : Daging kuda boleh diganti daging sapi, daging kambing atau ayam, sesuai selera saja tapi kalau pakai daging ayam tak perlu dicampurkan baking soda sewaktu daging belum dimasak.
Guna baking soda adalah untuk membuat tekstur daging kuda menjadi gampang empuk dan tidak terlalu lama dimasak.

Thread Starter

simak aneka soup kami yang lain di sini

#Langsungenak #ResepLangsungenak #KomunitasLangsungenak #FBGroupLangsungenak

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here