Soft Donut

*ala J** (resep hasil kreasian dari resep terdahulu)

Bahan :
Hard flour 200 gr (Tepung protein tinggi *contoh cakra kembar)
tepung kentang khusus donat 25 gr
Tepung komachi 25 gr *untuk lebih melembutkan lagi donat
Susu bubuk 8 gr
Bread improver 1/2 sdt
Ragi instant 5 gr
Gula pasir yang bentuknya halus (gula castor) 40 gr
Unsalted butter *saya pakai merk anchor 40 gr
Telur kuning 1 butir
Cold fresh milk susu cair segar *bukan uht ya 110 cc atau gr *sama saja
Whipping cream cair 25 gr
Garam 1/2 sdt

Cara membuat donat :
Bahan bahan kering dicampurkan semua disatu mangkuk kecuali garam.
Diaduk rata. Tambahkan telur kuning lalu uleni. Tambahkan whipping cream cair dan susu segar sedikit sedikit sambil diuleni menggunakan mixer yang putaran untuk roti. Sampai setengah kalis. (tambahkan susu dingin sedikit sedikit dulu jangan langsung semuanya agar tidak kelembekan). Masukan butter lalu terakhir garam. Uleni lagi
sampai betul betul kalis elastis. Karena proses inilah yang bisa bikin
donat mengembang sempurna dan membentuk ring atau cincin ditengahnya.
Setelah kalis elastis bulatkan donat dengan cara kiri kanan adonan
ditarik kebawah lalu ditekuk baru dibulatkan dimeja lebar yang telah
diberi taburan tepung terigu terlebih dahulu. Istirahatkan adonan
selama 30 menit atau sampai mengembang. Jangan lebih dari satu jam ya.
Lalu gilas tipis adonan dan diistirahatkan lagi selama 10 menitan.
Setelah itu cetak adonan donat bisa menggunakan cetakan donat atau
benda yang berbentuk bulat bawahnya untuk yang akan diisi filling.
Istirahatkan lagi hingga mengembang atau maksimal satu jam. Setelah mengembang bisa langsung
digoreng. Jika ingin donat lebih harum khas J** bisa menggunakan
minyak padat *saya menggunakan merk goodfry. Tunggu minyak panas dengan api kecil goreng donat cukup
dengan satu balikan saja ya.. angkat siap diisi topping atau filling.
Tips dan trik dalam membuat donat ala J**
1. Pastikan tepung yang dipakai menggunakan tepung protein tinggi agar hasil donat bisa mengembang bagus.
2. Mengapa sering ada keluhan donat saya terlalu berminyak ketika sesudah digoreng atau menyerap terlalu banyak minyak. Penyebabnya adalah salah menggunakan susu cair atau terlalu banyak kadar lemak yang terkandung dalam bahan. Susu cair yang baik untuk pembuatan donat adalah susu segar bukan susu UHT.. karena susu segar tidak mengandung banyak lemak susu seperti susu UHT. Susu kental manis yang dicairkan juga tidak direkomendasikan untuk membuat donat karena mengandung gula yang banyak atau terlalu manis sehingga mengakibatkan donat menjadi cepat gosong atau berwarna cokelat gelap sekalipun digoreng dengan api yang kecil sekali. Jika menggunakan whipping cream sebagai penggurih sebaiknya juga jangan terlalu mendominasi karena sudah mengandung banyak lemak susu jadi ini juga busa mengakibatkan donat jadi mengandung minyak setelah digoreng.
3. Ini juga tidak kalah pentingnya dalam membentuk cincin atau ring dalam donat. Uleni dough hingga betul betul kalis elastis. Apa itu kalis elastis. Tidak hanya sekedar dough sudah tidak lengket saja tapi juga mesti diperhatikan betul doughnya. Karena donat yang belum kalis elastis tidak akan msngembang sempurna dikarenakan adonan yang berat. Bagaimana cara melihat dough yang kalis elastis. Dough yang masih terlihat kasar dan jika ditarik mudah putus serta masih berserat serat itu belum elastis dan masih kurang cairan. Tambahkan saja air matang sedikit saja lalu uleni lagi hingga dough teras ringan, jika ditarik serat sudah halus dan lentur atau elastis dan membentuk lapisan seperti selaput membran yang tipis. Juga permukaan dough terlihat halus mulus. Setelah mendapatkan semua itu stop menguleni.
4. Faktor lainnya yang bisa mengganggu penampilan donat menjadi plenyat plenyot dan bentuk yang tidak rata atau bergelombang. Itu dikarenakan overproofing. Jadi faktor penting lainnya ada di akhir pengembangan. Mesti kita lihat jika sudah mengembang dan dough teras sudah ringan berarti sudah siap untuk digoreng. Apa ciri cirinya adonan atau dough yang overproofing. Si dough terlihat terlalu mengembang dan berpori pori besar serta bau khas asam ragi menyengat. Jika diangkat adonan akan langsung melenyot.
Nah jika semua proses sudah ok ketika dough donat digoreng dia akan mengambang tidak akan tenggelam kedalam minyak. Inilah yang akan membentuk cincin atau ring. Goreng donat cukup dengan sekali balikan saja dan angkat tiriskan segera hingga betul betul dingin baru bisa dimasukan ke wadah tertutup jika ingin disimpan. Semog tips dan triknya dalam membuat donat ala J** bisa sedikit memberi manfaat bagi mbak dan bunda disini ya. Selamat mencoba.
Beberapa isian atau filling dan topping donat ala jco

Baca Juga  Lemon Cheddar Cheesecake by Dapur_Dirayya

Topping tiramisu :
Fresh cream atau whipping cream dairy (cair) 100 gr
Glucose 25 gr
Milk chocolate 150 gr
Nescafe coffee 2 gr

Filling (isian) tiramisu :
Mascarpone cheese 150 gr dikocok
Nescafe coffee 2 gr
Fresh cream 100 gr

Cara membuat topping tiramisu :
Jerang fresh cream diatas api kecil d3ngan kopi nescafe ditambah glucose jangan sampai mendidih, aduk rata lalu terakhir masukan milk chocolatenya aduk aduk hingga mengental, angkat aduk lagi hingga melumer coklatnya (tidak perlu mendidih cukup sampai lumer saja). Setelah menghangat bisa digunakan untuk topping donat, dinginkan disuhu ruang. Kalau ingin agak membeku masukan ke kulkas sebentar saja.
Cara membuat filling tiramisu :
Mascarpone cheese dikocok sebentar saja, sampai dengan lembut, lalu diaduk bersama nescafe coffee tambahkan whipping cream cair yang sudah dikocok sampai kaku, aduk semuanya hingga merata siap untuk dijadikan isian donat
Topping green tea :
White chocolate 150 gr
Fresh cream 100 gr
Glucose 25 gr
Greentea powder 3 gr

Baca Juga  Donat All in One by Nia Isnaeni

Cara membuat : campurkan fresh cream, glucose dan greentea powder (jika ingin terlihat berbintik bintik greenteanya, si bubuk greenteanya terlebih dahulu dilarutkan dengan air sedikiit saja, jerang diatas api hingga merata. Jangan sampai mendidih ya, api kecil saja, setelah itu tambahkan white chocolatenya diaduk aduk sampai lumer dan merata. Angkat. Biarkan menghangat, lalu celupkan donat setengahnya tunggu hingga mengeras disuhu ruang agar mengkilatnya lebih cantik.

Filling greentea :
150 cc cream cheese dikocok
Greentea 3 gr
Whipping cream cair 100 gr
Cara membuat, cream cheese dikocok hingga lembut masukan bubuk greentea aduk sebentar, kocok whipping cream cair hingga kaku, tambahkan cream cheese kocok aduk merata siap digunakan

Baca Juga  Apem Kukus by Kahla Nafieza

Topping cappuccino :
White chocolate 100 gr
Glucose 25 gr
Fresh cream 100 gr
Cappuccino filling 80 gr

Cara membuat : campurkan fresh cream dan glucose jerang diatas api hingga merata. Jangan sampai mendidih ya, api kecil saja, setelah itu tambahkan white chocolate dan filling cappuccino diaduk aduk sampai lumer dan merata. Angkat. Biarkan menghangat, lalu celupkan donat setengahnya tunggu hingga mengeras disuhu ruang agar mengkilatnya lebih cantik.

Filling cappuccino :
Whipping cream cair 100 gr
Cappuccino filling 100 gr

Cara membuat :
Kocok whipping cream cair hingga kaku tambahkan cappuccino filling, kocok lagi sebentar hingga tercampur rata, siap digunakan sebagai isian donat.

Filling cheese :
100 gr cream cheese
25 gr icing sugar
Whipping cream cair 100 gr
White chocolate 100 gr (lelehkan dengan cara ditim)

Cara membuat :
Kocok cream cheese hingga lembut, sisihkan, kocok whipping cream cair dengan white chocolate cair dan icing sugar hingga kaku dan lembut. Masukan kedalam kulkas sebentar tambah kurang 15 menitan. Campur kocokan whipping cream dengan cream cheese aduk rata dan siap digunakan.

Soft Donut by  Susianne Flo S 2

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10206581042198205&set=pcb.821762264589786&type=1&theater

simak resep donat kami yang lain disini

#Langsungenak #ResepLangsungenak #KomunitasLangsungenak #FBGroupLangsungenak

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here