#TIPSDANTRIK
#SerbaSerbiTentangAirFryer

Selamat siang teman-teman LE, kali ini saya pamer ilmu, tapi bukan ilmu hitam. Sebenernya bukan ilmu, hanya serba-serbi tips dan trik tentang penggunaan Air fryer yang saya tau saja. Yang sudah tau, baguslah. Yang belum tau, boleh dibaca-baca.

Apa beda dioven dan di-air fryer?

Oven ada dua macam, convection oven atau dalam bahasa Indonesianya oven konveksi dan oven biasa. Oven konveksi ada kipas di dalamnya sehingga apa yang dioven lebih rata matangnya, karena panas disebar oleh kipas ke seluruh bagian dalam oven seperti menyebarnya virus Corona. Sedangkan oven biasa hanya mengandalkan panas dari elemen saja, yang deket elemen pemanasnya bisa matang atau browning lebih cepat. Kalau kita masukkan nugget ke dalam oven biasa, hasilnya tidak segaring saat dipanaskan menggunakan oven konveksi dan air fryer. Dan hasil air fryer lebih garing lagi dibanding hasil oven konveksi. Segaring becandaan saya.

Hasil gorengan air fryer dibanding digoreng minyak biasa, jauuuuhhh. Khan minyak itu menambah enak. Tapi untuk mereka yang membatasi minyak, air fryer bisa jadi pilihan. Seperti saya memilih untuk menjomblo selama ini demi angpao di hari Imlek.

Karena hasil gorengan tidak seenak goreng minyak, kalau mau enak bisa diakali dengan disemprot minyak goreng (pakai semprotan spray, jangan semprot Bygn apalagi Gld floral). Ya lumayan dibanding tidak pakai minyak. Semprot minyak, penggunaan minyaknya juga tidak sebanyak kalau digoreng biasa yang terendam, apalagi deep fried.

Air Fryer tidak cocok untuk gorengan basah. Maksa sih bisa. Tapi asli tidak cocok. Adonan basah butuh panas minyak untuk bisa bikin adonannya mengembang, mekar dan berongga atau berpori. Jadi jangan bikin mendoan pake air fryer ya. Lagian kapasitas air fryer itu biasanya terbatas, jadi bikin mendoan beberapa biji tuh bisa berkali-kali. Bayangkan bikin mendoan pakai air fryer untuk orang satu RT, sampai sinetron Ikatan Cinta tamat, proses gorengnya belum selesai. Iya kalo bikin cuma 4 biji saja tidak apa-apa pakai air fryer.

READ  nastar polesan tidak retak by Milea Dilan
serba-serbi tips dan trik tentang penggunaan Air fryer

Tidak boleh menaroh bahan berdempetan dalam air fryer (pandemi jaga jarak). Air fryer butuh ruang untuk meratakan panasnya. Semakin sedikit isi dan semakin berjauhan menata apa yang diolah, semakin bagus hasilnya. Seperti hubungan cinta jarak jauh, berjauhan tau-tau putus, khan bagus.

Bikin roti pakai air fryer bisa lho. Lebih bagus roti berbentuk bijian daripada yang model kasur berdempetan (sekali lagi, pandemi kudu jaga jarak). Karena kalau memanggangnya tidak pas, bagian bawah cenderung belum matang, efek sirkulasi hanya tertahan di bagian atasnya, bawah terblok panasnya. Bisa diakali dengan dibalik dan diair fryer lagi beberapa menit untuk mematangkan bagian bawahnya.

Sama seperti oven, air fryer, tiap produk berbeda. Kudu kenalan dulu (bukan diajak ngobrol ya bun, nanti keliatan stress). Kadang di resep orang pakai suhu segini, waktu sekian. Belum tentu sama waktu atau suhunya di merek lain. Karena ada air fryer yang panasnya lama karena dayanya kecil.

Mengacu poin nomor 7, watt kecil tidak selalu berarti hemat energi. Banyak produsen memproduksi air fryer berdaya kecil semata mata untuk mereka yang daya listrik di rumahnya kecil, jadi masih bisa pakai walaupun rumah tidak berdaya listrik ribuan watt. Watt kecil itu bagi alat pemanas listrik berarti panasnya agak lama. Tidak secepat yang wattnya besar. Biasanya seperti itu. Ingat kata pepatah, berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Yang penting nyalain dulu, panas belakangan.

READ  Fermentasi Kulit Cempedak by Achmad Noor Hardiansyah

Banyak air fryer di luar negri biasanya suhunya pakai Fahrenheit, sedangkan air fryer di Indonesia rata-rata menggunakan Celsius. jadi hati-hati kalau melihat resep dari luar ya. Apalagi kalau tidak ada terjemahan, ditambah kita tidak bisa berbahasa inggris.

Ayam tanpa tepung pelapis atau hanya dioles bumbu marinasi, dimasukkan ke air fryer cocok. Jadi semacam ayam oven. Lemak di kulit ayam juga bikin kita tidak harus semprot minyak goreng. Minyaknya akan keluar dengan sendirinya saat di-air fryer (jangan masukkan diri sendiri untuk menghilangkan lemak). Tapi yang berbalur tepung, sebisanya semprot minyak kalau mau enak. Kalau tidak ya hasilnya garing kering kerontang seperti dompet di tanggal tua.

Jangan harap bisa menggoreng atau memasak sayuran macam terong menggunakan air fryer. Hasilnya akan keriput tidak lembut atau lembek macam digoreng. Karena air fryer cenderung mengeringkan cairan di bahan yang dimasukkan. Kalau kentang tidak apa, karena kentang semakin kering bagian luarnya semakin enak. Tidak semua sayuran yang bisa digoreng dengan minyak di wajan, bisa sama hasilnya dengan digoreng menggunakan air fryer. Karena tekstur tiap sayur berbeda. Ada yang kena panas malah jadi keripik. Jadi coba aja dulu. Abaikan kata-kata iklan, “Buat anak koq coba-coba”.

serba-serbi tips dan trik tentang penggunaan Air fryer 1

Karena resep air fryer suhu dan waktu bisa beda, ada baiknya pilih air fryer yang bisa diintip tanpa menghentikan proses (ngintip seperti ini tidak bakal bintitan koq). Karena kadang malas benar kudu mengulang pencet tombol suhu dan waktu. Air fryer saya bisa diajak cilukba. Kalau masih proses memasak, saya pengen tahu sudah matangnya segimana, saya bisa buka sebentar, tanya gimana kabarnya, tutup lagi, dan proses lanjut berjalan (bisa di-pause). Ini salah satu fungsi di air fryer yang penting bagi saya. Karena info tentang berapa lama memasak aneka bahan berbeda. Kudu trial and error.

READ  roti dan donat yang lembut by Wahyu Nursanti Suratman

Sesuaikan kapasitas dengan banyaknya porsi makan dan jumlah anggota keluarga. Jangan keluarga banyak atau keluarga kecil tapi makannya banyak, pilih kapasitas kecil. Sama saja memberi cobaan hidup pada diri sendiri.

Rajin-rajin cuci keranjang air fryer di pinggir kali setelah digunakan. Jangan kalau ada noda atau kotor digunakan lagi. Malah susah nanti menghilangkannya, seperti menghilangkan teman toxic. Sudah mengering menempel parah karena kena panas lagi.

Apa saja yang aman masuk di dalam air fryer selain bahan makanan? Bukan BPKB apalagi surat nikah ya bun. Semua yang aman dimasukkan ke oven,aman masuk ke air fryer selama cukup. Jadi seperti aluminium cup, aluminium foil, baking paper, cetakan silikon atau apapun yang tahan panas, semua bisa digunakan dalam air fryer.

Sampai di sini dulu bahasan tentang Air Fryer. Kalau nanti ada yang baru akan saya tambahkan kalau tidak lupa. Lupa ya takdir. Saya tutup pamer ilmu saya kali ini dengan nyanyian Kepala, Pundak, Lutut, Kaki sebanyak dua belas kali, memastikan persendian saya tidak bermasalah. Sampai ketemu di pamer selanjutnya. Sehat selalu.

5/5 (1 Review)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini