resep Roti Maryam coklat Annansya Aina

Salah satu roti kesukaan roti maryam

Di buat versi manis atau yang di makan pakai kuah kari Semua enak
Kali ini aku bikin yang di isi coklat aja ya
Pakai resep mami cantik

Bahan roti cane / maryam coklat

  • 200 gr tepung terigu protein tinggi
  • 1/2 sdt garam halus
  • 2,5 SDM margarin cair
  • 1,5 SDM minyak goreng
  • 100 – 110 susu cair plain

Topping :
Mesis Coklat

Roti Maryam coklat

Cara Membuat roti cane / maryam coklat

  1. Siapkan wadah besar
    Masukkan terigu, garam halus ,margarin cair ,minyak goreng
    Lalu uleni dan aduk dengan tangan
  2. Kemudian masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil di uleni
  3. Uleni terus sampai adonan Kalis dan tidak lengket di tangan
    Setelah itu istirahat kan adonan selama 15 menit dengan di tutup plastik transparan
  4. Setelah itu bagi adonan dan timbang sesuai selera
    Kemudian bulatkan adonan dan rendam dengan minyak goreng sampai terendam ( rehatkan lagi selama 2 jam dengan di tutup plastik )
  5. Setelah 2 jam, ambil adonan , kemudian atasnya beri plastik lalu pipihkan adonan ( saya penyet pakai tangan ya ) sampai adonan lebar dan tipis ,lalu buka plastiknya
  6. Kemudian beri atasnya margarin cair ( sekitar 2 SDM ) kemudian ratakan lalu beri mesis coklat sesuai selera
  7. Dan gulung dari arah bawah dan dari arah atas, kemudian gulung seperti bentuk obat nyamuk bakar , lalu pipikan ,lakukan adonan seperti itu sampai habis
  8. Setelah itu adonan siap di panggang di teplon sampai matang kecoklatan , dan siap di sajikan

ROTI cane / MARYAM by Ariani Heldy

Ini dagangan saya bunda, roti maryam alias martabak india alias roti canai ? alhamdulillah dagangan saya tahun ini sudah masuk tahun ke 8 dan tetap konsisten dengan resep ini.
Tekstur kenyal garing di luar tapi lembut di dalam.
Berikut saya sertakan resep nya, semoga bermanfaat dan bisa jadi inspirasi bakulan bunda.

BAHAN roti cane

  • 1 kg tepung cakra kembar ( protein tinggi )
  • 50 gram susu bubuk
  • 1 sdt garam
  • 4 btr kuning telur
  • 2 btr putih telur
  • 450 ml air hangat
  • 175 ml minyak goreng
  • 1/2 liter minyak goreng untuk merendam*
READ  Nggak ribet ngisi dan hias atau oles PUTRI SALJU by Novie Kurnia Wardani

BAHAN OLESAN :
Margarin/ butter/ minyak samin secukup nya (optional, pilih sesuai selera )

ROTI MARYAM by Ariani Heldy

CARA MEMBUAT roti cane

  1. Campur semua bahan, kecuali minyak untuk merendam*, uleni dengan mixer roti atau dengan tangan hingga kalis.
  2. Bagi dan timbang adonan @76 gram atau sesuai selera, bulat kan hingga selesai.
  3. Rendam bulatan adonan tadi dalam minyak perendam lalu tutup dengan plastik, kurang lebih 1-5 jam agar adonan elastis.
  4. Siapkan meja kerja dan lumuri dengan sedikit minyak goreng, ambil satu bulatan lalu pipihkan dengan tangan hingga tipis dan berbentuk lembaran, oles dengan margarin atau butter atau minyak samin hingga rata.
  5. Setelah di oles, kerutkan lembaran dari sisi bawah ke sisi atas hingga berbentuk memanjang lalu gulung menjadi konde, lakukan hingga selesai.
  6. Panaskan teflon dengan api sedang cenderung kecil, panggang roti di atas teflon tanpa perlu di oles minyak atau margarin, karena roti akan mengeluarkan minyak dengan sendiri nya.
  7. Tekan-tekan roti dengan spatula agar bentuk nya menjadi pipih, hingga kuning kecoklatan sambil di bolak balik.
  8. Siap di sajikan dengan kare daging atau ayam atau bisa juga di topping dengan coklat ceres, keju, susu atau selai sesuai dengan selera.

NOTE :
* Jika ingin di simpan di frezeer masak sampai setengah matang saja, setelah dingin lalu kemas dalam plastik atau wadah kedap udara.
* Hasil jadi 24 pcs

TRIK MEMBUAT ROTI cane MARYAM AGAR BERLAPIS-LAPIS

Hai Teman-teman…
Masih di nuansa Lebaran nih?
Buat Roti Canai yuk, dimakan pake Kare enak banget ini atau bisa juga pakai topping manis kayak coklat dan keju, emmmm, so yummy

Bahan Roti Cane

  • Terigu serbaguna 200 gram
  • Gula 1 sdt
  • Garam sejumput
  • Kuning telur 1 butir
  • Susu cair uht 125 ml (bisa diganti air 125 ml + susu dancow 1 sachet 27 gram)
  • Margarin 25 gram
  • Minyak sayur +-10 sdm untuk mencelup adonan
READ  manisnya pas tidak bikin eneg Boterkoek/Lekker Holland by Yula Es Em

INGREDIENTS:

  • 200 grams of All-purpose flour
  • 1 tsp of Sugar
  • a pinch of Salt
  • 1 Yolk
  • 125 ml of Milk
  • 25 grams of Butter
  • 10 tbsp of Vegetable Oil
TRIK MEMBUAT ROTI MARYAM AGAR BERLAPIS-LAPIS / HOW TO MAKE ROTI MARYAM

Cara Membuat roti cane

  1. Campur terigu, gula, garam, kuning telur, susu dan margarin. Uleni hingga kalis. Agar tidak lengket beri 2 sdm minyak sayur.
  2. Bagi adonan menjadi 5. Celup ke dalam minyak. Susun di wadah. Tutup. Istirahatkan selama 2 jam.
  3. Setelah 2 jam. Pipihkan adonan. Oles margarin. Iris-iris adonan jadi memanjang. Gulung dari bawah ke atas lalu gulung menyerupai konde. Diamkan 10 menit.
  4. Pipihkan hingga menjadi diameter +-10cm, masak di atas teflon dengan api kecil.

Siap disantap.

Cane by Saida Darajat

Ada tidak, bunda disini yang masih suka penasaran bagaimana sih bikinnya yang satu ini..
Canai, roti Maryam, Paratha, apalagi sebutannya ya
Kalau masih ada, berarti sama dengan saya bun

Dari pertama saya cobain makan ini, langsung jatuh cinta. Tapi belum bisa membuatnya sendiri. Dan mungkin sudah puluhan kali saya coba membuatnya, tapi belum juga berhasil.

Singkatnya, berapa bulan terakhir ini saya coba belajar bikin lagi bun. Alhamdulillah, akhirnya bisa juga. Dan ini urutan hasil percobaan terakhir saya. Dari yang keras, alot kalau sudah dingin, sampai akhirnya bisa lembut dan bisa bikin stok di kulkas.

#MAAF banyak fotonya, maksimal 5 kan?

itu foto berbeda ya bun. Hasil dari mulai belajar lagi sampai alhamdulillah bisa dikatakan berhasil.

Ini resepnya ya bun..

Bahan A
– 3 cup/ cangkir tepung cakra atau segitiga
– 1sdt garam
– 1 butir telur/ 2 kuning telur
– 2sdm margarin
– 150ml susu UHT

Bahan B
– Secukupnya minyak untuk merendam
– secukupnya margarin cair untuk olesan.

Cara membuat cane

  1. Campur semua bahan A, tuang susu sedikit-sedikit sambil diaduk rata. Tanpa diulen ya.. Cukup diratakan sampai bisa dikepal dan menyatu semua. Tutup adonan, diamkan selama 30 menit. Adonan jadi lembut dan lentur.
  2. Bagi adonan (Saya bagi @80gr), kemudian bulatkan.
  3. Rendam dalam minyak sampai benar terendam (dan ini adalah kuncinya Canai jadi lembut dan mudah untuk dilebarkan). Rendam minimal 3 jam, atau bisa semalam.
  4. Ambil bulatan adonan, kemudian lebarkan atau pipihkan sampai setipis tipisnya (kalau bisa). Olesi permukaannya dengan margarin cair lalu gulung.
  5. Panggang di atas Teflon atau wajan ceper sambil ditekan – tekan supaya melebar. Bolak balik sampai dirasa matang.
READ  Kue kering khas lebaran by Choti Umami

Siap disajikan dengan topping sesuai selera

Roti cane Maryam by Inabb Kam

Hari ini mendadak banyak pesanan Roti Maryam. Rasanya asin, gurih, dan mengenyangkan. Biasanya dimakan bareng Gulai kering khas India. Tapi sekarang sudah sering dimodif jadi Roti maryam coklat keju, jadi rasanya manis asin gurih. Mari dicoba, Bun..

Bahan:
1 kg Tepung Segitiga
1/2 kg Blueb*nd (2 sdm untuk adonan, sisanya untuk olesan saat proses)
6 butir Kuning Telur
2 butir Telur utuh
1 sdt Garam (larutkan dalam 450ml air)
3 sdm minyak goreng

Roti Maryam by Inabb Kam

Cara Membuat cane

  1. Campur semua bahan (kecuali larutan garam dan minyak goreng) jadi satu, tuang larutan garam sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga tercampur rata. Tuang minyak goreng, uleni lagi hingga kalis.
  2. Banting adonan hingga terasa elastis dan tidak mudah sobek.
  3. Bulatkan adonan, timbang masing-masing @85 gram, balur permukaannya dengan blueb*and agar tidak kering.
  4. Masukkan kedalam kulkas kurang lebih 30 menit.
  5. Keluarkan adonan, diamkan hingga suhu ruang.
  6. Tipiskan adonan diatas bidang datar yang agak lebar, hingga tipis maksimal (terlihat transparan)
  7. Olesi permukaannya dengan blueb*nd hingga merata (kurang lebih 1 sdm blue*band untuk tiap bulatan)
  8. Gulung memanjang, lalu gulung melingkar dari ujung ke ujung hingga membentuk huruf “S” lalu tumpuk hingga tampak mengerucut. Diamkan 15 menit.
  9. Goreng diatas teflon dengan api kecil tanpa minyak, tekan-tekan adonan hingga berbentuk bulat pipih. Goreng hingga warna coklat keemasan.

NB: Roti maryam yg digoreng setengah matang bisa disimpan didalam freezer sampai lebih dari 3 bulan.

5/5 (1 Review)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini