Selai Nanas KW super By: Yolanda Febri

13332994_10204578030888989_8930261172275111634_n

Bahan:
1 buah nanas, (kira-kira 500 gr) parut
1 kg bengkuang, parut
1 gelas gula pasir putih
1 sdt essens/perisa nanas, larutkan dengan 1/2 gelas air
2 batang kulit kayu manis
Cara membuat:
1. Peras benar-benar air bengkuang menggunakan kain bersih. Jika sudah maksimal, cuci kembali ampasnya dengan air dalam baskom dan remas-remas. Ini diperlukan untuk menyingkirkan pati bengkuang yang mungkin masih ada. Lalu peras kembali hingga kering.
2. Dalam wajan (saya merekomendasikan pan anti lengket) campur parutan nanas, ampas bengkuang, dan essens nanas yang sudah dilarutkan dengan air. Campur hingga rata dan homogen, hingga tidak terlihat lagi ada gumpalan ampas bengkuang.
3. Nyalakan api, masukkan gula pasir dan kayu manis, rebus dengan api kecil sambil diaduk sesekali. Lakukan hingga selai matang dan kering. Saya membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk membuatnya menjadi sedemikian rupa.
Teksturnya?
Sama dengan selai nanas premium. Kalis, lengket, padat, dengan aroma dan rasa nanas yang pas. Nyaris tak ketahuan kalau ini adalah selai KW hehe. Resep di atas menghasilkan 400gr selai.
Saya memang menggunakan nanas dan essens. Nanas di sini berfungsi sebagai bahan perasa utama, sedangkan essens hanya sebagai penguat dan pemanis warna.
Saya tidak merekomendasikan resep ini jika Anda tetap mengutamakan kualitas bahan yang premium. Sebisa mungkin, pilihlah bahan yang berkualitas. Ini saya lakukan semata karena kepepet, dan buah nanas di tempat saya lumayan mahal hehe.
Terima kasih sudah berkenan membaca sampai akhir. Mohon maaf bila ada yang kurang berkenan dengan postingan saya. Sekiranya ini kurang bermanfaat, saya persilakan admin untuk menghapusnya.
Berikut saya lampirkan juga foto nastar buatan saya yang menggunakan selai KW tadi. Enak!
Salam langsungenak! 🙂

#Langsungenak #ResepLangsungenak #KomunitasLangsungenak #FB

0/5 (0 Reviews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here