Sauerkraut Makanan untuk ‘Tentara Perut’ by Arti Jorgenson

0
311
Sauerkraut Makanan untuk ‘Tentara Perut’ by Arti Jorgenson

Makanan untuk ‘Tentara Perut’

Teman-teman, masih sibuk mempersiapkan sajian lebaran kah?
Saya akan berbagi resep yang aneh tapi menyehatkan tubuh. Namanya Sauerkraut, acar kol ala wong Jerman. Jenis acar ini mengandung probiotik, mirip dengan yogurt, kimchi dan tempe mentah. Probiotik adalah bakteri baik yang membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan kita. Perlu nih mempersiapkan perut karena lebaran nanti dipastikan banyak makanan super berat (cookies, opor, ketupat dan sejenisnya) yang disantap. Supaya ‘tentara perut’-nya tahan gempur.
Selain probiotik, sauerkraut juga bisa dibilang mengandung ‘prebiotik’ (makanan bagi bakteri baik dalam perut kita) karena dibuat dengan kol yang termasuk sumber prebiotik yang baik. Tapi mungkin perlu pembiasaan makan sauerkraut ini karena rasanya asam.

Sauerkraut

Bahan
400 gram kol, dirajang halus
10 gram garam laut kasar, lebih baik tanpa yodium

Cara membuat
1. Remas kol bersama garam sampai layu dan mengeluarkan banyak air. Taruh dan padatkan kol di wadah non-logam; tuangkan air perasannya sampai semua irisan kol terendam (kalau airnya kurang, bisa ditambahkan air biasa).
2. Tutup rapat hingga kedap udara. Diamkan 4-7 hari sampai asam dan baunya tidak terlalu menyengat lagi. Sehari sekali, buka tutup wadahnya dan tekan kol yang mengambang di permukaan.
3. Setelah jadi, simpan di lemari es, atau tempat yang sejuk. Makannya cukup 1-2 sdm per hari.

Untuk variasi bisa ditambahkan wortel, bengkuang atau apel.

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/2445723902193606/

baca juga olahan kol kami yang lain disini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here