Sambel Udang Kering/Ebi by Mamas Moegi

0
843

Sambel Udang Kering/Ebi by Mamas Moegi

Belum bisa moveon dari sambel ini bun
Walau kelihatan kebanyakan minyak tapi aslinya minyaknya dikit kok bun. Cuma di atasnya itu aja. Selebihnya sampai kedalam dalam sambal semua

Cobain deh bun, ga nyesel deh. Bikin banyak buat stock di kulkas juga oke banget
Buat cocolan gorengan bisaaaa.
Buat di cocol sama lalapan + ayam bakar/goreng beeuuhhhh…. nikmat luar biasa
Buat campuran masakan seperti oseng dan tumis tumis mantaaaap.
Buat pendamping sayuran berkuah sedaaap

Serius loh ini bun.Biasanya bikin sambal pake terasi. Tapi setelah coba pake udang, kayanya ga mau pake terasi lagi deh bun Hehehehe…..
Maaf lebay dikit ya bun, Berikut saya sertakan resepnya

bahan:
40 buah cabe merah keriting
20 buah cabe rawit merah (rawit merah yang gendut itu ya bun)
7 buah bawang putih
1/2 buah tomat ukuran sedang
1/2 sendok makan udang ebi kering
1 sendok makan gula merah sisir
1 sendok makan gula pasir
1 sendok teh garam
Sedikit penyedap rasa (boleh diskip, karena gurih dari udang keringnya juga udah keluar)
Secukupnya minyak untuk menumis

Cara buat :
-Cuci bersih semua bahan diatas lalu blender dengan sedikit air
-Lalu panaskan minyak di wajan. Setelah minyak panas kecilkan api.
-Kemudian masukan bumbu yang sudah di blender tadi dan masak hingga harum dan berubah warna. Jangan lupa sisa bumbu yang masih menempel di blender boleh dikocok dengan sedikit air kemudian tuang jadi satu di wajan.
-Lalu masukkan gula merah. Gula pasir. Garam dan penyedap rasa.
-Masak terus dengan api kecil cenderung sedang hingga minyak keluar/terpisah dengan sendirinya dan sambal sedikit mengering.
-Tes rasa. Bila sudah pas rasanya. Matikan kompor dan sambal siap di hidangkan

Catatan :
minyak yang keluar dan menggenang tadi boleh dipisahkan ya bun kalau tidah suka.
Tapi kalau menurut saya lebih enak yang agak berminyak begitu. Hehehehe….
Lama waktu ngeblendernya cukup 30 – 60 detik saja supaya panampakanya tetap cantik dan tidak sehalus yang di gambar

Semoga menginspirasi
Trimakasih

#sambeludang
https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1975119545920713/
#langsungenakenak#reseplangsungenak#komunitaslangsungenak#fbgrouplangsungenak
#LEsambeludangkeringEbi

0/5 (0 Reviews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here