#RESEPLANGSUNGENAK
Saya kalau bikin kue kacang atau skippy selalu digoreng kacangnya. Tidak disangrai. Digoreng berikut kulit arinya dan diblender dengan kulit arinya juga tapi tidak perlu sampai halus berminyak. Aroma kacang lebih keluar dan warnanya juga lebih klasik. Dan pastinya lebih efisien juga.

Untuk mampu merekat dengan baik, sebaiknya gunakan tepung serba guna tanpa harus disangrai lagi dan tidak perlu menggunakan corn satrch atau maizena agar tidak mudah retak. Usahakan pada saat mencetak jangan terlalu tipis karena jenis kue kering ini lumayan rapuh.

Perlu sekali memanggang skippy hingga kecoklatan di bagian bawahnya. Agar hasilnya lebih kokoh dan renyahnya pas. Bagian olesan kuning telur tentunya jangan cuma sampai kuning terang. Paling tidak harus kecoklatan tapi tidak gosong. Bagian sisi pinggir skippy biasanya akan terlihat lebih lembab dan itu wajar karena cuma mengandung minyak. Tapi bukan berarti mentah selama bagian bawahnya sudah kecoklatan.

Untuk suhu oven dan lama waktu memangang sebaiknya kenali jenis oven kalian masing masing. Tapi sebagai gambaran kalian bisa lihat suhu dan lama waktu oven yang saya pakai. Pada dasarnya kue skippy ini hanya menggunakan api bawah saja bisa. Tapi selama pemanggangan harus sering sering melihat ke dalam oven. Karena olesan kuning telurnya lebih mudah terlihat gelap. Tidak perlu menggunakan api atas. Tapi kalau oven seperti saya punya yang bagian bawah dan atasnya lumayan jauh boleh menggunakan api atas bawah.

READ  Lemon Zest Cookies by Anne Rose

Ukuran dan ketebalan cetakan juga mempengaruhi lama waktu memanggang ya. Jadi itu fungsinya sering sering melihat ke dalam oven.

Kacang jangan terlalu halus berminyak diblender. Sampai remahan aja. Dan jenis tepung daya serapnya beda beda. Bisa saja takaran minyak di resep ini kurang atau malah lebih. Jadi masukkan sedikit demi sedikit. Jika adonan masih terlihat gembur dan susah nyatu coba biarkan sebentar agar minyak terserap dengan baik. Lalu jika masih susah dibentuk boleh tambahi sedikit minyak per 1/2 sdt.

READ  Cupcake Tiramisu by Eka Purwantinigsih

Jangan terkecoh dengan adonan yang susah dibentuk terus ditambahi terus minyaknya karena lama lama minyak ini justru akan membuat adonan jadi mudah meleber. Makanya sedikit demi sedikit dimasukin minyaknya. Takaran yang saya gunakan harusnya sudah pas karena ini sudah sering saya bikin. Fungsi adonan saya masukin ke kulkas agar adonan tetap kokoh sebelum dipanggang.
Simpan di wadah setelah benar benar dingin.

BAHAN :
350 gram tepung protein sedang tidak perlu disangrai.
150 gram gula halus.
3/4 sdt garam (usahakan gunakan sdt khusus baking).
170 gram kacang tanah (goreng dan biarkan dingin. Lalu blender hingga terlihat beremah)
175 hingga 185 gram minyak goreng.

BAHAN OLESAN :
2 butir kuning telur plus 1/2 sdt minyak (jangan gunakan madu karena jenis skippy ini permukaannya mudah gelap).

CARA MEMBUAT :
•Campur tepung, gula halus dan garam. Aduk rata.
•Masukkan kacang dan aduk rata.
•Lalu masukkan minyak sedikit demi sedikit. Aduk pelan dengan tangan tapi jangan diuleni.
•Lalu setelah adonan menyatu, ambil secukupnya adonan dan ratakan dengan tangan. Cetak sesuai selera. Tidak perlu digilas sekaligus dengan rolling pin ya. Jadi pakai tangan saja tapi cetak sedikit demi sedikit saja.
•Susun di loyang dan masukkan ke chiller kulkas kurang lebih 15 menit hingga 20 menit.
•Lalu setelah itu keluarkan dari dalam kulkas dan olesi dengan kuning telur (bisa sampai 2 kali mengoles).
•Panggang di suhu 150 derajat celcius api atas bawah dan setelah 30 menit matikan api atas dan lanjut panggang sekitar 7 menit lagi atau sampai matang kecoklatan bagian bawahnya.
•Matang dan biarkan sekitar 2-3 menit di dalam loyang.
•Lalu anginkan hingga benar benar dingin di cooling rack.
•Susun di toples dan sajikan.
•Selamat mencoba.

READ  how to baking and recipe of Napoleon Roll Cake By Diyo Kitchen

Untuk lebih memudahkan cara pembuatannya, bisa dilihat di channel youtube Dapursicongok berikut ini

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/4095243443908302/
baca juga resep kue kacang kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini