#RESEPLANGSUNGENAK

Halo semuanya, setelah libur baking selama 9 bulan kehamilan akhirnya kembali bersauna dengan oven-oven kesayangan di usia bayi 2 bulan sekarang. Baking tipis-tipis untuk keluarga di rumah, bukan untuk dagang, hehehe.

Kebetulan di rumah ada pisang cavendish yang sudah matang. Iseng mau dibuat bolu pisang, lalu saya teringat beberapa waktu lalu pernah melihat foto double chocolate banana bread. Saya menggunakan resep Home Cooking Adventure, wah rasanya enak banget, kuenya sangat lembab, harum dan nyoklat banget. Membuatnya sangat mudah, tidak perlu mengocok telur sampai kental berjejak. Sangat recommended, dijamin semua orang suka. Bisa ditambahkan kacang almond atau walnut biar tambah mantap, tapi anak saya tidak suka kacang, jadi saya tidak pakai. Saya terjemahkan resepnya untuk teman-teman yang ingin mencoba ya.

Selamat baking!

Catatan:

  1. Saya menggunakan full butter (mentega), kalau mau diganti margarin silakan tetapi tentu akan mempengaruhi rasa, tekstur dan aroma kue secara keseluruhan.
  2. Resep akan membutuhkan brown sugar (gula yang telah diolah sedemikian rupa dengan molasses atau hasil samping tetes tebu), jadi sebisa mungkin tidak disubstitusi, karena fungsinya untuk melembabkan kue, tidak hanya sebagai pemberi rasa manis. Jika diganti dengan gula pasir, gula palem, bebas saja, tetapi kembali lagi rasa, tekstur dan aroma akan berubah.
  3. Gunakanlah pisang yang benar-benar sudah matang untuk memberikan aroma yang harum.

Resep Double Chocolate Banana Bread
Resep milik Home Cooking Adventure

Bahan:
125 gram tepung terigu protein sedang
60 gram bubuk coklat kualitas baik
1 sdt soda kue
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt garam
150 gram brown sugar
2 butir telur segar
115 gram butter (mentega) suhu ruang
3 atau 4 buah pisang matang dengan berat total tanpa kulit 300 gram (kalau saya 400 gram karena pisangnya besar)
120 gram chocolate chips kualitas baik
1/4 sdt vanila bubuk (saya lagi nggak punya, jadi pakai perisa susu)
Chocolate chips secukupnya untuk taburan

Resep Double Chocolate Banana Bread by Chitra Annisa Maharani 1

Cara membuat:

  1. Panaskan oven 180 derajat.
  2. Siapkan loyang loaf atau loyang pound cake berukuran 22 cm, oleskan dengan margarin dan beri baking paper di sekelilingnya agar pada saat sudah matang bisa diangkat, tidak dibalik.
  3. Siapkan terigu, bubuk coklat, soda kue dan baking powder dalam mangkuk, aduk rata. Sisihkan.
  4. Dalam mangkuk terpisah, lumatkan pisang dengan garpu. Sisihkan.
  5. Kocok butter dan brown sugar dengan kecepatan sedang sampai lembut dan tercampur rata, tambahkan telur, kocok rata kembali. Masukkan vanila bubuk/vanili dan kocok kembali.
  6. Tambahkan pisang yang sudah dilumatkan ke dalam adonan, kocok rata.
  7. Tambahkan bahan kering (terigu dan lainnya yang sudah disiapkan) ke dalam adonan secara bertahap, aduk rata menggunakan spatula.
  8. Masukkan chocolate chips dan aduk rata dengan spatula.
  9. Tuang ke dalam loyang loaf atau pound cake yang sudah disiapkan, ratakan dan beri taburan chocolate chips.
  10. Panggang dalam oven selama kurang lebih 50-60 menit api atas bawah jika oven listrik. Lakukan tes tusuk, jika sudah matang maka tusuk gigi terlihat bersih.
  11. Keluarkan dari oven, taruh di atas cooling rack. Biarkan di dalam loyang selama 10 menit. Lalu keluarkan dari loyang dengan cara mengangkat baking papernya. Biarkan dingin dan potong-potong.
4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here