RENDANG DAGING by Emil T Dwinanto

0
213
RENDANG DAGING by Emil T Dwinanto

#RESEPLANGSUNGENAK

Ada beraneka macam jenis Rendang Minang tergantung dari daerah asalnya dan juga selera, kalau resep keluarga kami untuk membuat Rendang, pati santan kelapanya harus banyak dan tidak pernah menggunakan kunyit, kemiri serta bumbu rempah lain selain yang ada di resep ini. Demikian saya berbagi resep Rendang yang biasa keluarga saya buat, semoga bermanfaat ya.
Oh iya, jadi sebelum menjadi Rendang masakan ini nama sebutannya adalah Kalio. Nah kalio ini kalau kita masak lagi lebih lama dengan api kecil saja, lama kelamaan dia akan menjadi kering, yang kering inilah yang kita sebut Rendang, demikian penjelasan dari saya, terimakasih.

RENDANG DAGING

Bahan :

1 kg Daging Rendang (Daging Sapi bagian Paha)
3 butir Kelapa tua yang besar (ambil hanya santan pati nya saja)
15 butir Baby Potatoes (Kentang Rendang bulat-bulat kecil) tusuk-tusuk kentang dengan garpu.

Bumbu Halus :

2 ons Cabai Merah (giling halus)
9 siung Bawang Putih Kating
1 ons Bawang Merah
5 cm Lengkuas (pilih yang muda)
3 cm Jahe
1 sendok makan Ketumbar (sudah di sangrai)
1/4 sendok makan Pala Bubuk
3 batang Sereh (potong potong, ambil bagian putihnya saja)
1/2 sendok makan Ambu-ambu (kelapa sangrai yang digiling halus sampai keluar minyaknya) boleh pakai boleh juga tidak.

Rempah Daun :

2 lembar Daun kunyit (sobek – sobek)
6 lembar Daun Jeruk Purut (remas – remas)
2 lembar Daun Salam

Cara Memasak :

1. Potong-potong daging kotak-kotak ukurang sedang saja. Jangan terlalu kecil ya memotong dagingnya karena akan dimasak lama, supaya daging tidak mudah hancur dan ukuran daging nanti akan menyusut.

2. Dalam wajan besar, campurkan pati santan kental, bumbu halus dan rempah daun-daun. Masak dan didihkan sambil diaduk terus hingga santan mulai keluar minyaknya. Apinya sedang saja ya.

3. Masukkan daging. Biarkan hingga mendidih kembali. Beri garam secukupnya, jangan terlalu banyak karena nanti kuahnya akan menyusut dan menjadi semakin asin. Masukan ambu-ambu (boleh tidak pakai). Kecilkan apinya ya.

4. Terus memasak dengan api kecil saja sambil sesekali diaduk supaya bagian bawahnya tidak gosong. Jika pakai kentang, masukkan kentang ketika kuah sudah menyusut sekitar setengah dari volume awal.

5. Lanjutkan memasak (dengan api kecil saja) hingga daging empuk, warna rendang menjadi pekat, berminyak dan kuah menyusut. Sambil diaduk agar tidak gosong. Tingkat kekeringan rendang sesuai selera, mau kering atau agak basah (Kalio). Kalau suami saya suka yang masih jadi Kalio.

6. Waktu memasak sekitar kurang lebih 4 jam (kalau mau lebih kering dan lebih hitam waktu memasak bisa lebih lama lagi dan harus dengan api kecil ya). Koreksi rasa, garam bisa ditambah bila perlu (sesuai selera).

https://web.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/3241296772636311/

simak juga resep rendang kami yang lain di sini

4.5/5 (2 Reviews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here