Peyek Kacang by Ifah Ummu Faathimah

Bismillaah

Ceritanya kerumah temen bawain peyek ini nih bun.Pas dicobain katanya “enak nih, jualin ajah. Ntar aku pesen deh, haha”
Langsung aje aku bilang “emang itu sih tujuan nya ngasih, hihi..”
Jadilah dia pesen dan saya buatin deh.
Ini aku sertain resep juga ya bun

Bahan:
250 gram tepung beras
150 gram kacang tanah (di iris jadi tipis, biasanya aku iris jadi 4 irisan atau lebih, tergantung besarnya kacang)
5 siung bawang putih
2 butir kemiri
10 lembar daun jeruk (iris cincang)
1 bungkus santan kara (65 ml)
1 sendoh teh lada halus
1 sendok teh ketumbar halus
1 sendok makan garam (sesuai selera)
1/2 sendok makan royco/ penyedap rasa (optional)
Kencur (kira-kira setengah jari kelingking)
Air secukup nya
1 sendok makan air kapur sirih (optional)
Minyak sayur secukup nya

READ  Bola bola Surga Tropis Rafaelo by Doni Kusumah (Mang Odon)

Caranya:
-Tuang tepung beras ke dalam wadah, masukkan lada halus, bubuk ketumbar, penyedap, garam sisihkan.
-Haluskan bawang putih, kencur dan kemiri, masukkan ke dalam adonan tepung, masukkan santan, dan daun jeruk.
-Tuang air sedikit demi sedikit sampe adonan kental, lalu masukkan kacang tanah, tambahkan lagi air sampe adonan terasa tidak encer dan juga tidak kental (di kira kira aja ya bun, hehe), masukkan juga air kapur sirih (optional)
-Panaskan minyak di wajan, setelah panas, ambil adonan 1 sendok sayur, -tuang ke pinggiran wajan dengan arah menyamping (jadi nya tipis ya), ulangi sampe kira kira 5 sendok (jangan terlalu banyak dan menumpuk)
-Goreng sampai matang (warna agak kuning, tapi bukan gosong)
-Goreng sampe adonan habis

READ  Kacang HUhah by Novi Sakinah

Note:
-Menggoreng rempeyek jangan di tinggal tinggal ya bund, bisa gosong dan gak beraturan
-Adonan langsung di habiskan dalam sekali menggoreng (maksudnya, jangan sampe setengah adonan lagi di tunda nanti lagi masaknya) pengalaman saya, adonan seperti itu jadinya malahan jelek dan cepet gosong, hikkz
-Untuk peyek rebon, bumbu nya sama aja, cuma biasanya saya tambahin kunyit (kira kira setengah jari telunjuk) biar warna nya bagus

Selamat mencoba

#yang mau save atau share silahkan saja

baca juga olahan peyek kami yang lain di sini

READ  RESEP DONUTS by Ummu Umar

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1149226298510046/

#Langsungenak #ResepLangsungenak #KomunitasLangsungenak #FBGroupLangsungenak
#Lepeyekkacang

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here