Orange Ogura Cake by Hilda Gaudensia Balanda

0
580
Orange Ogura Cake by Hilda Gaudensia Balanda

Orange Ogura Cake by Hilda Gaudensia Balanda
Bahan A
– 5 butir kuning telur
– 1 butir telur utuh
– 70 ml minyak sayur
– 35 ml susu cair
– 40 ml sari jeruk (saya menggunakan jeruk manis peras)
– 65 gr tepung terigu protein rendah
– 15 gr tepung maizena
– 1/4 sdt vanilla bubuk ( bisa di skip)
Bahan B
– 5 butir putih telur
– 80 gr gula pasir halus
– 1/4 sdt garam
– 1/4 sdt cream of tartar atau 1 sdt air perasan jeruk nipis
Cara membuat:
1. Siapkan loyang berdiameter 20 cm atau ukuran lain, olesi tipis-tipis margarin, lapisi dengan kertas roti lalu olesi margarin kembali. Sisihkan. Panaskan oven pada suhu 150°C.
2. Dalam satu wadah, masukkan satu butir telur dan 5 kuning telur, aduk hingga rata (cukup menggunakan whisker). Lalu masukkan minyak sayur, susu cair dan sari jeruk, aduk kembali hingga rata. Ayak tepung terigu, tepung maizena dan vanilla bubuk diatasnya, kemudian aduk kembali sampai benar-benar tercampur rata. Sisihkan.
3. Mixer putih telur, garam dan air perasan jeruk nipis hingga berbusa, kemudian masukkan gula pasir secara bertahap, mixer kembali hingga soft peak (jambul petruk), tandanya yaitu ketika mixer diangkat, hasil kocokan putih telur membentuk kerucut tumpul, dan terkulai kebawah.
4. Ambil sedikit kocokan putih telur dengan spatula, masukkan kedalam campuran pasta kuning telur, dengan teknik aduk balik, hingga rata. Kemudian masukkan campuran ini ke dalam kocokan putih telur, aduk balik kembali hingga rata.
5. Tuangkan adonan kedalam loyang dan panggang selama ± 50 menit pada suhu 150°C (sesuaikan dengan oven masing-masing) dengan metode au bain marie, yaitu loyang berisi adonan dialasi loyang berukuran lebih besar yang diisi air setinggi 1,5 cm.
6. Jika bagian atas sudah berwarna keemasan, keluarkan dari oven dan lakukan tes tusuk.
7. Biarkan uap panasnya hilang, lalu balikkan loyang diatas cooling rack perlahan-lahan (lakukan dengan hati-hati). Kelupas kertas roti. Biarkan hingga agak hangat. Balikkan kembali keatas piring saji. Lalu potong-potong dan sajikan. Selamat mencoba dan feel free to share ya ?
Note
– untuk aroma jeruk yang lebih kuat, bisa ditambahkan parutan kulit jeruk, namun hati-hati, jangan sampai bagian putih kulit jeruk ikut terparut, karena akan meninggalkan jejak rasa pahit. Atau kalau mau lebih praktis bisa ditambahkan essence jeruk.
– kue ini mengembang cukup tinggi, setelah matang tingginya sekitar 6,5 cm, yang awalnya hanya 3,5 cm.
– sebaiknya menggunakan loyang tanpa sambungan untuk menghindari air merembes ke adonan. Atau kalau tidak ada, loyang harus dilapisi dengan alumunium foil bagian luarnya

https://web.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1050914548341222/

baca juga olahan cake ogura kami yang lain disini

#Langsungenak #ResepLangsungenak #KomunitasLangsungenak #FBGroupLangsungenak #LEOrangeOguraCake #LEOguraCake

0/5 (0 Reviews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here