MEMBUAT KEJU DI RUMAH / RICOTTA CHEESE by Khadijah Az

0
288
MEMBUAT KEJU DI RUMAH / RICOTTA CHEESE by Khadijah Az

#TIPSDANTRIK

MEMBUAT KEJU DI RUMAH / RICOTTA CHEESE

Bahan
1 liter susu full cream
6 sendok makan cuka

Cara:
Masak susu sambil diaduk hingga hampir mendidih. Masukkan bertahap cuka.

Jika keasaman cuka sangat kuat, bisa jadi kurang dari 6 sendok cuka, keju sudah berproses. Begitu juga sebaliknya. Cuka yang saya beli di warung, terasa kurang asam. Saya perlu 6 sendok hingga susu terpisah menjadi keju.

Ketika cuka telah masuk, maka susu akan terbagi menjadi cairan bening kuning dan gumpalan putih di dalamnya. Didihkan sesaat, lalu matikan. Diamkan sekitar 15 menit, hingga proses menggumpal selesai.

Saring susu dengan cara menaruh kain atau handuk tipis di atas saringan kawat. Pisahkan air bening dan gumpalan. Saat gumoalan udah terkumpul, siram sedikit dengan air matang untuk membilasnya dari air cuka.

Air bening sisa pemrosesannya, jika tidak dipakai, bisa dibuang. Namun bisa dipakai juga untuk air marinate, misalnya ayam yang akan di goreng tepung.

Setelah disaring, peras lembut agar sisa airnya cepat keluar. Padatkan dan biarkan tetap di atas saringan selama satu jam hingga air benar benar habis.

Setelah satu jam, keju ricotta sudah bisa dinikmati. Bisa dimakan begitu saja dengan ditaburi garam, atau dicampur untuk masakan lain, seperti pasta.

Kali ini saya campur garam, lalu dibentuk bola bola dan disiram susu saffron dingin.

https://web.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/3189685374464118/

baca juga aneka tips dan trik kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here