#ResepLangsungEnak
#TipsdanTrik

Kue basah 8 jam ( khas Sumatera Selatan)

Di keluargaku kue ini mesti ada pada setiap hari-hari besar. Rasa nya yang legit dan juicy banget bikin nggak cukup kalau cuma makan se-iris dua iris. Sesuai namanya, kue ini memang proses memasaknya memakan waktu hingga 8 jam. Siapa bunda di sini yang pernah buat? Resep mungkin sedikit berbeda-beda, tapi ini lah resep andalan turun temurun di keluargaku.

Resep :

20 butir telur ayam (bisa juga telur bebek)
450 gr gula pasir
1 kaleng SKM
150 gr margarin dicairkan

READ  AYAM BAKAR MENTEGA by Dianish's Kitchen

Cara membuat :

– Mixer telur dan gula hingga gula larut (tidak perlu sampai mengembang), masukkan susu dan terakhir margarin. Terus aduk pakai mixer hingga tercampur rata.
– siapkan cetakan beri alas margarin dan kertas roti (jika cetakan terbuat dari teflon atau plastik anti panas atau bahan yang tidak lengket lainnya, maka tidak perlu lagi menggunakan alas)
– tutup rapat bagian atas cetakan bisa menggunakan plastik anti panas atau aluminium foil. (Kalau saya pakai plastik anti panas dan saya ikat keliling pakai tali kain, guna di tutup agar pada saat dikukus permukaan kue tetap rata/tidak menggembung)
– kukus selama 8 jam (tidak boleh kurang, lebih tidak apa-apa untuk hasil karamelisasi yang sempurna). Setiap 1 jam tambah air kukusan kurang lebih 1 liter. Jangan lupa untuk membungkus tutup dandang dengan kain agar air tidak menetes ke kue.
– setelah 8 jam keluarkan kue dari dandang kemudian panggang lagi di oven selama 45 menit dengan api atas bawah supaya agak kering dan set. Pakai otang juga bisa.

READ  Gulai Pucuk Ubi by Lily Maskoer

Demikian resep dan cara membuatnya. Semoga berkenan dan selamat mencoba bunda

https://web.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/3168198579946131/

baca juga olahan kue kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini