Kattentong (Lidah Kucing) By Frieda Hoogenboom-Siregar

0
316
#Resep35
Kue kering ini sudah lama dikenal, dibuat dan di konsumsi di Indonesia. Namanya adalah Langues De Chat atau Kattentong atau Kue Lidah Kucing. Bentuknya yang tipis dengan rasanya yang manis membuat kue ini disukai oleh banyak orang. Di Belanda kue ini juga dijual di setiap supernarket ataupun toko roti. Mari kita simak resepnya :Kattentong
(Lidah Kucing)

Bahan :

110 gram butter
100 gram gula tepung
90 gram terigu
3 putih telur
2 sdt parutan halus kulit jeruk lemon
1 sdt essence vanille

Cara membuat :

Loading...

Mixer butter selama 5 menit sampai lembut.
Masukkan gula tepung lalu aduk rata sampai tidak bergerindil.
Campurkan 1/2 bagian dari terigu dan 2/2 bagian dari putih telur, mixer sampai rata dan masukkan sisa terigu dan putih telur lalu mixer rata kembali.
Masukkan essence vanille dan parutan kulit jeruk lemon, aduk rata.
Tutup permukaan mangkuk berisi adonan dengan cling wrap dan simpan adonan di dalam kulkas selama 30 menit.
Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga yang ujungnyactelah dilengkapi dengan spuit mulut bundar diameter 8 mm.
Semprotkan adonan keatas loyang yang telah dialasi kertas roti berbentuk garis lurus dengan ukuran kira-kira 1,5 cm x 7,5 cm dan ketebalan sekitar 8 mm (atau sesuai selera masing-masing). Beri jarak sekitar 5 cm antara kue yang satu dan yang lainnya.
Panggang kue di oven yang yelah dipanaskan yerlebih dahulu pada suhu 200° celcius selama 12 menit (sesuai dengan jenis oven masing-masing) sampai kuning matang agak kecoklatan.
Angkat kertas roti berisi kue yang telah matang langsung dari loyang yang panas untuk mencegah agar panas pada loyang tidak mematangkan kue lebih lama dari waktu yang dibutuhkan.
Jika kue sudah agak dingin, angkat langsung dari kertas roti dan letakkan diatas rooster untuk melanjutkan proses pendinginan. Jika menunggu dingin kue bisa lengket sekali pada kertas roti dan hancur bila dipaksa untuk melepaskannya.
Simpan kue diwadah tertutup kedap udara.
Kue bisa divariasi penampilannya dengan mencelup salah satu ujungnya dengan coklat (untuk coklat, lihat resep kue Bokkenpotjes)
Selamat mencoba teman-teman.

#Langsungenak #ResepLangsungenak #KomunitasLangsungenak #FBGroupLangsungenak

#LEKattentong(LidahKucing)

0/5 (0 Reviews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here