#RESEPLANGSUNGENAK
Sebentar lagi natal dan tahun baru akan tiba.mulai nyicil bikin kue buat keluarga. salah satu cara cepat dan praktis agar dapat beberapa jenis kue dalam waktu singkat maka saya mengadon 1kg tepung terigu untuk 4 macam kue kering.nanti tinggal menambahkan bahan lain sesuai ciri khas dari kue itu sendiri.misalnya, kastangel rasa khasnya adalah keju maka nanti di adonan yang sudah jadi kita tambahkan keju.berikut resep dan cara membuatnya ya.

Inspirasi Kue kering dari satu adonan
By anggun Sitinjak

Bahan-bahan:
Bahan A:
500g margarin
227g butter
250g gula halus (saya gunakan gula tepung)
5 butir kuning telur
1/2 sdt vanilla cair atau bubuk

Bahan B:
100g susu bubuk full cream
200g tepung maizena

Bahan C:
1kg tepung terigu protein sedang atau rendah

Bahan lain:
Buat olesan: 1 kuning telur+1sdt minyak goreng+1/2 sdt air.aduk rata

Topping:
Untuk kue tumbprint: 50g selai strawberry/blueberry atau sesuaikan dengan kebutuhan
Untuk kastangel: 50g keju parut untuk topping dan 100gr keju parut untuk campuran adonan.
Untuk nastar wafer: 15 batang wafer coklat atau sesuaikan dengan kebutuhan.

READ  Kue Semprit Butter Strawberry by Susianne Flo S

Cara membuat:

  1. Masukkan margarin,butter, dan gula halus ke dalam wadah .mixer dengan kecepatan paling rendah sampai tercampur rata sekitar 5 menit.lalu masukkan kuning telur dan vanila.mixer lagi 1 menit dengan kecepatan paling rendah.
  2. Masukkan semua bahan B sambil diayak.mixer dengan kecepatan paling rendah 1 menit.rapikan pinggirannya dengan spatula.matikan mixer.
  3. Masukkan bahan C secara bertahap sambil diayak sampai semua tepung habis.aduk dengan spatula saja.lanjut aduk dengan tangan yang bersih.konsistensi adonan akhir tidak terlalu lembek dan tidak terlalu kering.adonan bisa dipulung dengan mulus.penggunaan tepung terigu tidak wajib habis 1kg ini .jika dirasa adonan sudah pas ,boleh berhenti.atau jika adonan terlalu lembek boleh tambah sedikit tepung terigu lagi ya.ingat, jangan terlalu lama mengaduknya.
  4. Bagi 4 adonan ini sama banyak atau sesuai kebutuhan.mau nastar lebih banyak juga boleh.lalu simpan adonan yang belum dikerjakan ke chiller.boleh dimasukkan kedalam beberapa plastik agar mudah saat mengambil nanti.
  5. Kue pertama saya buat nastar.saya gunakan ukuran sendok teh untuk menakar adonan . beratnyasekitar 7-8g per pcs.bulatkan,isi selai lalu pulung dengan rapi.tata langsung diloyang tanpa dioles karena tidak akan lengket loyangnya kok.panggang 25 menit api atas bawah suhu 150°C .jika sudah matang, keluarkan dari oven.panas-panas langsung oles dengan bahan olesan.saya oles dua kali agar cantik.lalu panggang kembali 15 menit api atas aja.kemas setelah dingin.
  6. kue kedua: tumbprint
    Ambil adonan sebanyak 1sdt sekitar 7-8 g.pulung dengan rapi.tata langsung diloyang.lalu lobangi dengan jari atau menggunakan tutup pulpen biar rapi.lalu panggang 20 menit dulu suhu 150°C api atas bawah.setelah 20 menit, keluarkan dari oven.panas-panas langsung isi dengan selai strawberry dan blueberry menggunakan plastik segitiga biar rapi.panggang kembali 15 menit suhu 120°c api atas aja.keluarkan,tunggu dingin baru kemas.
  7. Kue ketiga: nastar wafer
    Siapkan 15 batang wafer coklat yang panjang-panjang.lalu ambil adonan .Gilas diatas plastik agar tidak lengket.jangan terlalu tipis atau terlalu tebal.lalu tata wafernya diatas adonan.lalu lipat,ratakan dan tekan-tekan agar menempel dengan baik . potong-potong sepanjang ruas jari jempol atau 3 cm.langsung tata di loyang.panggang 25 menit suhu 150 api atas bawah.lalu oles dengan bahan olesan sebanyak dua kali.lalu panggang kembali 15 menit suhu 120 api atas saja.tunggu dingin baru kemas.
  8. Kue keempat: kastangel
    Siapkan dulu keju parut sesuai resep diatas
    Campur 100g keju parut tersebut kedalam adonan.lalu ratakan/Gilas diatas plastik.potong-potong sebesar sepanjang 5-6cm dengan lebar 1cm.tata langsung di loyang.oles dengan bahan olesan lalu kasih topping keju.panggang 25 menit api atas bawah suhu 150°C atau sampai keju coklat .harus benar-benar matang agar tidak melempem ya.setelah dingin,boleh panggang lagi 10 menit suhu 120 agar benar-benar renyah nanti.kemas setelah dingin.
  9. Selesai semua.kini kue kering sudah ada 4 jenis.ini rasanya enak,gurih dan harum banget.cocok untuk pemula yang mau belajar kue kering biar tidak terlalu repot bolak-balik mengadon ya.
READ  Schuimpjes (meringue cookies) by Vivi Novitasari

Tips:

  • untuk kastangel,gunakan keju yang tidak terlalu asin ya.
  • Suhu oven masing-masing pasti berbeda,jadi kenali oven masing-masing ya.ini sebagai panduan saja .
  • Boleh tanpa butter,tapi rasanya pasti berbeda dengan yang menggunakan butter.mau menggunakan full butter juga boleh, sesuaikan dengan kebutuhan, kemampuan dan selera masing-masing.

Tutorial secara lengkap versi video silahkan klik link dibawah ini ya.

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/posts/4720661431366497/
baca juga resep kue kering kami yang lain di sini

0/5 (0 Reviews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here