Ice Cream Ikan Golmer (Golok Merah) by R Puguhr

Merangsang buah hati untuk suka makan ikan, sangat dibutuhkan seorang ibu, dengan membuat varian menu saji ikan, disaat sang buah hati tidak suka makan ikan.

Kreativitas seorang ibu untuk mengolah ikan menjadi menu saji yang menarik dan diminati buah hati, salah satunya adalah varian ice cream ikan.

saya akan share menu saji ice cream ikan golok merah (golok merah=penyebutan nama ikan laut oleh masyarakat paciran-lamongan-jatim) yang sudah pernah dibuat istri tercinta dan dinamai “ice cream golmer”, semoga bisa jadi inspirasi dan bermanfaat.


Bahan :

250 gram susu kental manis
250 gram daging ikan golok merah
5 sdm maizena
¼ gula pasir
1 sdm garam
1 sdm SP (Cake Emulsifier adalah bahan tambahan untuk mengembangkan dan menstabilkan adonan cake)
500 mililiter air (secukupnya)
2 bungkus vanilla

Cara Membuat Ice Cram :

1) Bersihkan ikan golok merah, dengan membuang kepala dan isi perut, lalu cuci sampai bersih.
2) Rendam ikan golmer yang sudah dibersihkan dengan parutan jahe dan jeruk nipis agar tidak amis minimal -+30 menit, kemudian kukus ikannya sampai matang, lalu pisahkan dagingnya dari duri dan kulit ikan.
3) Kukusan daging tanpa duri dan kulit ikan dicampur dengan semua bahan (susu kental manis, maizena, gula pasir, garam, vanila dan air, kecuali SP) dalam satu wadah, lalu aduk dengan mixer secara merata, kemudian masukkan dalam freezer hingga beku.
4) Setelah proses pembekuan adonan bahan ice cream (hasil dari poin tiga), ambil 1 sendok SP lalu ditim sampai masak atau meleleh.
5) Keluarkan adonan bahan ice cream golmer (hasil dari poin tiga) yang sudah beku, kemudian hancurkan dengan garpu/sendok, setelah hancur campur dengan hasil tim-timan SP yang sudah masak/meleleh dalam kondisi hangat-hangat kuku (yang penting tidak dalam kondisi panas) secara berlahan-lahan sambil diaduk/dikocok dengan mixer sampai mengembang dan lembut. (Setelah proses poin ini, Bisa dipisah menjadi dua atau lebih untuk dikasih warna dan atau ditambahi variasi rasa)
6) Jika adonan ice cream golmer (hasil dari poin lima) dianggap sudah mengembang dan lembut, masukkan kedalam freezer sampai beku, setelah proses pembekuan selesai sajikan dengan bentuk yang bisa menarik minat buah hati anda.

baca juga olahan ice cream kami yang lain disini

#Langsungenak #ResepLangsungenak #KomunitasLangsungenak #FBGroupLangsungenak
#LeiceCreamIkanGolokMerah

0/5 (0 Reviews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here