29.9 C
Jakarta
Jumat, Mei 24, 2024

Gendar Jadul Ori Tanpa Bleng by Ummu Adam Indah Ahmadi

- Advertisement -

Gendar Jadul Ori Tanpa Bleng by Ummu Adam Indah Ahmadi -

Gendar Jadul Ori Tanpa Bleng by Ummu Adam Indah Ahmadi

Gendar,kerupuk kampung yang ngangeniin.

Gendar merupakan kerupuk kampung yang terbuat dari sisa nasi (jawa:sego wadang).Jaman dulu mbah-mbah kita kreatif memanfaatkan sisa makanan ya.Kalo zaman sekarang kita biasanya ga sempat & ga telaten bikin gendar ini, karena proses ngukus & numbuk yang kadang melelahkan.Tapi,dibalik semua itu justru letak istimewa & enaknya rasa gendar yang bikin nagiih.

- Advertisement -

Step awal yaitu mencampur nasi dengan bawang putih halus & garam.Terserah teman-teman,numbuk bawangnya mau halus apa kasar ya.Biasanya kalo kasar malah terasa banget bawangnya.Apalagi pas keceplus bawangnya,,hmmm guriih.Nasi yang udah dicampur kemudian dikukus selama 30menit.

Setelah itu baru deh ditumbuk/diulek pakai cobek /lumpang batu.Ditumbuk selagi nasi masih panas ya,jangan nunggu dingin.Pakai lumpang lebih enak, muat banyaak.Tumbuk dengan penuh perasaan,sampe nasinya lembut.Lumayan ya,bekerja di dapur sambil olahraga..hhh

Setelah proses tumbuk-menumbuk selesai,tunggu adonan dingin.Masukkan ke dalam plastik.Ratakan,tekan-tekan adonan,siap masuk freezer.Tunggu sampai adonan keras.Keras aja ya,ga sampe jadi es.

Kalau sampe jadi es nanti akan hancur ketika diiris.Ini cukup penting.Berapa jamnya mungkin beda-beda ya,tergantung suhu freezernya.Asal keras aja,adonan siap diiris.Tata di atas nampan,jemur deh 1-2hari.Siap digoreng.

Oiya,kalo jaman dulu mbah-mbah kita pake bleng agar adonan keras.Tapi rupanya bleng ini cukup berbahaya ya,untuk kesehatan.Kata om google nih “Boraks atau bleng hanya diperbolehkan dalam makanan dengan batas maksimal 1 gram per 1 kilogram atau 1:1000. Zat ini akan menumpuk dalam tubuh seiring seringnya mengonsumsi makanan yang mengandung boraks atau bleng. Dosis berlebihan akan menyebabkan demam, kerusakan ginjal, hingga kematian.”

Wah,serem juga ya..Biasanya sih kalo dulu kayaknya ga ditakar ya,hihi..Nah,solusinya ya masukin aja di freezer seperti yang udah saya tulis diatas,biar adona keras & mudah diiris.Mau pakai tapioka juga boleh,tapi sepertinya rasanya ga ori kaya punya mbah-mbah kita dulu.

Bahan :
2 piring nasi
5 siung bawang putih halus
1,5sendok teh garam
MSG (boleh diskip)

Cara membuat:

1.Campur nasi,bawang putih halus & garam,aduk-aduk sampai rata.
2.Kukus nasi selama 30 menit.
3.Tumbuk nasi selagi panas ke dalam lumpang batu,mangkok batu / ulek di cobek batu juga boleh.Tumbuk sampai nasi hancur / lembut & adonan menggumpal.
4.Setelah dingin,masukkan ke dalam plastik.Pipihkan adonan.Siap masuk freezer sampai padat /keras. Jangan sampai jadi es ya,nanti hancur pas diiris.
5.Simpan di freezer 3-4 jam (tergantung suhu kulkas masing-masing)
6.Bagi adonan menjadi 2/3 bagian.Iris tipis-tipis.Lakukan sampai adonan habis.
7.Tata di nampan bambu/ apa aja.
8.Jemur 1-2 hari sampai benar-benar kering.
9.Goreng gendar di minyak banyak dengan api medium.

Kres,kresss ,renyah & guriiih..

Selamat mencoba yaa

#resepcobekstore
#homemade
#mom
#gendar
#krupuk_kampung
#kampung

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1487471011352238/
#Langsungenak #ResepLangsungenak #KomunitasLangsungenak #FBGroupLangsungenak
#LeGendarjaduloritanpableng

- Sponsored -

Related Articles

- Sponsored -
- Advertisement -

Latest Articles

mersin escort - deneme bonusu veren siteler - istanbul escorts - paramhospital.net - avcılar escort - Werbung Berlin - istanbul escort - sahabet kayıt - uçak oyunu bahis - xhamster - buy followers twitter - yabancı dizi