Frozen Food Homemade (Chicken Nugget & Katsu, dan Ebi Furai)
by Susianne Flo

Frozen food homemade, kesukaannya anak anak. makanan praktis, tinggal kita goreng sebentar siap disajikan setiap saat. Ada 3 jenis frozen food disini,
1. Cheese chicken nugget
2. Chicken katsu
3. Ebi furai
saya share resep cheese chicken nugget nya ya, ini dia resepnya :

1. Cheese chicken nugget homemade.

Ini resepnya ya bunda bunda :
Daging fillet dada ayam 500 gr
Roti tawar 6 buah dibuang pinggiran kulit cokelatnya
Parutan keju 50 gr
Lada/merica bubuk 1 sdt
Gula pasir 1sdt
Garam 1sdt
Bubuk kaldu ayam instant 1 sdt
Telur ayam 1 buah dikocok
Bawang putih 4 siung diulek halus
Susu cair 100 ml (saya pakai air ditambah 1 sachet SKM diaduk rata) bisa juga pakai susu cair fresh milk

Bahan panir:
Tepung roti 1/4 kg
Parutan wortel secukupnya
Putih telur untuk perekat

Cara membuat.
Giling ayam fillet atau bisa dicincang diatas talenan sampai halus (saya memakai cara ini)
Setelah halus campurkan bumbu halus, parutan keju dan telur ayam yang sudah dikocok. Sobek sobek roti tawar masukan kedalam air susu. Lalu setelah terendam air susu masukan keadonan ayam tadi. Aduk lagi hingga tercampur rata. Ambil alumunium foil untuk membungkus adonan ayam olesi margarine secukupnya. Lalu tuangkan adonan ayam gulung gulung sampai padat diatas alumunium foil baru dibungkus alumunium foil. Kukus kurang lebih 30 menit hingga matang. Angkat tunggu dingin. Setelah adonan dingin buka pembungkusnya lalu potong potong.
Cara memanir: gulingkan potongan ayam kukus kedalam putih telur yang sudah dikocok lalu gulingkan ke tepung roti yang sudah dicampur parutan wortel secukupnya. Balur hingga semua potongan ayam tertutup tepung roti. Lakukan hingga potongan ayam habis. Simpan difreezer hingga beku dan siap digoreng diminyak panas.

2. Chicken katsu

Bahan bahan :
500 gr ayam bagian dada difillet

Bahan marinade atau bahan perendam
1 sdt rock salt atau garam dapur
1 sdt merica bubuk
1 sdt paprika bubuk
1 sdt garlic powder
1 sdt kaldu ayam bubuk instant
3 siung bawang putih dihaluskan

Marinasi ayam dengan bumbu bumbu beri air satu sendok makan aduk rata. Lalu diamkan dikukas selama beberapa jam hingga bumbu menyerap

Bahan lapisan atau tepung pencelup
Tepung terigu protein tinggi 300 gr
Tepung jagung atau maizena 130 gr
Garlic powder 10 gr
Susu bubuk 20 gr
Baking soda 1sdt rata jangan muncung
Garam 1 sdm
Paprika bubuk 10 gr
Kaldu ayam bubuk 1 sdt
Merica 1 sdt
Campur bahan pencelup tambahkan air dingin atau air es hingga sedikit mengental *jangan keenceran juga kekentalan ya.
Aduk dengan menggunakan mixer kecepatan rendah cukup 2 menit saja sampai tercampur rata. Jangan terlalu lama mengaduk karena akan mengakibatkan adonan tidak renyah.

Tepung maizena untuk bahan predust

Tepung panko atau tepung roti

Cara membuat :
Ambil daging fillet yang sudah diiris tipis dan dimarinasi. Lalu celupkan ke tepung maizena atau predust flour. Balut fillet keseluruh bagian. Lalu celupkan ke tepung pencelup lakukan merata dan jangan terlalu tebal menggunakan garpu. Angkat lalu celupkan ke tepung roti gulingkan fillet dan baluri keseluruhan dengan tepung roti. Tekan tekan perlahan agar si tepung panko menempel. Masukkan fillet kedalam wadah susun rapih. Lalu masukkan ke freezeer. Jika hendak digunakan tinggal menggoreng di deep fryer dengn minyak panas dan banyak hingga fillet terendam minyak panas. Goreng hingga katsu berwarna kuning keemasan. Sajikan dengan salad sayuran dan mayonaise serta saus teriyaki.

3. Ebi furai

bahan bahan :
Udang jerbung, galah atau vanamei yang ukuran sedang (kurang lebih 10 gr per ekor) 500 gr, bisa beli yang sudah dikupas dan tinggal ekornya atau kalau belum dikupas bisa dibersihkan dengan cara melepas kepala dan kulitnya ambil serat kotoran di punggung dengan menyayat punggung udang dan keluarkan serat menggunakan lidi atau tusuk gigi. Cuci bersih dengan air dingin ditambah balok es agar mutu daging tetap terjaga.
Lalu udang dibelah atau dikerat bagian perutnya menyerong di tiga bagian kiri kanan dan tengah. Potong sampai uratnya putus tapi jangan sampai udang terbelah. Bagian ini penting agar udang bisa lurus ketika digoreng. Lalu tekan dan pijat perlahan hingga udang menjadi lurus. Udang yang sudah lurus atau streching direndam dengan bahan perendaman sama dengan chicken katsu ditambah perasan air jeruk nipis 1 sdt aduk merata simpan dikulkas untuk beberapa jam hingga bumbu meresap.

Cara membuat :
Pegang ekor udang dan gulingkan kedalam tepung maizena balut secara merata. Caranya setelah itu sama persis dengan chicken katsu. Untuk bahan tepung pencelup juga sama.

Tips : Goreng udang jangan terlalu lama agar daging udang tidak keras atau alot.
Sajikan ebi furai dengan salad sayuran dan mayonaise. Tambahkan saus sambal dan saus tomat botolan cocolkan dengan garlic saus jika suka.

Selamat mencoba

Original Post

simak resep fried chicken kami yang lain disini

#Langsungenak #ResepLangsungenak #KomunitasLangsungenak #FBGroupLangsungenak

0/5 (0 Reviews)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here