#RESEPLANGSUNGENAK

DAGING ASAP ALA SE’I SAPI (tanpa smoker)
Belakangan banyak muncul kedai se’i sapi. Satu porsinya harganya cukup mahal. Buat sendiri yuk, bun, supaya puas makannya.

Bahan:

  • 500 gram daging sapi bagian perut luar (samcan) . Jika tidak suka yang berlemak, bisa dipilih daging has luar.
  • 20 gram garam
  • 3 siung bawang putih

Cara:

  1. Haluskan bawang putih dan garam. Balurkan pada daging.
  2. Kalau pada pembuatan yang sebnarnya, se’i setelah digarami langsung di tiriskan beberapa jam, lalu diasap. Karena saya tidak pakai smoker, jika dipilih cara ini, maka saat dipanggang, daging masih akan mengandung banyak air, sehingga nantinya tertampung dalam loyang bahan asap, hingga terlalu basah dan tidak menghasilkan asap, malah seperti dikukus.
  3. Maka dari itu, saya memilih membungkus daging dalam kantong plastik, tutup rapat, biarkan 24 jam dalam kulkas bagian bawah.Tujuannya adalah memberikan waktu agar garam menarik semua kelembaban dalam daging. Setelah 24 jam, dalam kantong plastik akan nampak banyak air.
  4. Buang air, keluarkan dari plastik dan tiriskan daging di kulkas bagian bawah (letakkan di atas tray atau digantung) selama 24 jam berikutnya.
  5. Setelah proses penirisan selesai, daging akan kering dan siap di asap dalam open.
  6. Gantung daging atau tata di atas tray dalam open. Di bawah daging, letakkan loyang berisi bahan untuk pengasapan. Bisa dipakai beras mentah, batang serai, kayu manis, potongan kayu kecil. Wangi dari bahan pengasapan akan berpengaruh pada bau daging setelah selesai.
  7. Hari ini saya pakai beras mentah yang diberi aroma daun jeruk dan batang serai.
  8. Open dalam suhu tinggi selama 1hingga 1.5 jam. Jika tidak memiliki open, bisa dipakai wajan besar yang bisa ditutup rapat (daging diletakkan di atas tray dalam wajan. Contoh ada di gambar terakhir).
  9. Setelah matang, dinginkan dan iris tipis. Sajikan dengan siraman sambal favorit.

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/3782250881874228/

baca juga olahan daging kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here