Chocolate Génoise by Riyas Irmadona

0
93

chocolate-genoise_riyas-irmadona_300816
Ada yang tertarik untuk tahu resep sponge cake génoise saya nggak ya?.. Génoise ini tanpa baking soda, baking powder, sp atau emulsifier.
Saya sering bikin génoise ini, dan memiliki 2 resep yang sama enaknya, cuma favorite saya adalah yang tanpa butter tetapi pemakaian 200 gr dcc.
Génoise, termasuk tipe sponge cake, di pakai sebagai cake dasar dari kue-kue di Eropa.
Saya bikin dengan menggunakan dcc, tanpa butter, tapi saya sertakan juga resep yang memakai butter. Yang menggunakan dcc menghasilkan 2 kue yang cukup tinggi dan masing-masing bisa di belah 2 jadi kue ini menghasilkan 4 lapis cake. Yang resep menggunakan butter hanya menghasil kan 1 kue dan bisa di belah 2.
Resep 1
Chocolate Génoise by Riyas Irmadona
Bahan:
200 gr coklat batang hitam
200 ml air panas
8 btr telur
200 gr gula
150 gr terigu
Syrup
85 gr gula
165 ml air
Cara membuat:
1. Campur coklat dengan air panas, masak dengan api kecil, hingga mengental, angkat dan dinginkan. (Butuh waktu untuk menjadi dingin)
2. Panaskan oven 175°C
3. Siapkan 2 loyang bulat 22 cm, olesi dengan butter, alasi dengan baking paper dan oleskan butter kembali dan taburi terigu.
4. Kocok telur dengan gula sampai mengembang 3x lipat. Mungkin sekitar 10 menit
5. Setelah itu saring setengah dari terigu ke dalam kocokan telur, campur dengan hati-hati dan cepat. Kemudian lanjutkan dengan sisa terigu campur dengan cara aduk balik. Lalu masukkan campuran coklat dengan air. Aduk lipat balik.
6. Tuang langsung ke dalam loyang bulat 22 cm yang telah di siapkan.
7. Panggang selama 30-35 menit. Jangan buka-buka oven, kalau di buka kuenya akan jatuh. Atau tidak mengembang. Kue ini akan terlihat sangat mengembang ketika di panggang tetapi akan menurun sedikit begitu di keluarkan dari oven.
8. Jangan tunggu untuk mengeluarkan kue ini dari loyangnya, melainkan langsung keluarkan dari loyang dan letakan di atas rak pendingin kue.
Untuk pembuatan syrup:
Masak gula dengan air sampai mendidih sambil di aduk-aduk. Tutup pancinya. Matikan kompor. Tunggu hingga dingin. Setelah itu pindahkan ke dalam gelas ukur, kalau kurang dari 230 ml, tambahkan air. Hingga menjadi 230 ml.
Syrup siap di gunakan untuk génoise. Yang masing-masing telah di belah 2.
Génoise ini cukup kokoh juga lho kalau mau buat dasar dari kue tart dengan menggunakan buttercream. Dan génoise ini saya buat untuk dasar dari black forest cake

Resep ke 2
Génoise au Chocolat by Riyas Irmadona
Bahan:
3 sdm clarified beurre noisette (60 gr butter dilelehkan sampai bening dan berwarna sedikit kecoklatan)
30 gr coklat bubuk
55 ml air mendidih
5 btr telur
100 gr gula pasir
75 gr terigu
Vanilla
Syrup:
55 gr gula pasir
110 ml air
Cara membuat:
1. Panaskan oven 175°C
2. Siapkan loyang 22 cm, olesi butter alasi dengan kertas roti olesi butter lagi dan taburi terigu.
4. Buat beurre noisette, dan jaga agar tetap hangat.
5. Di mangkok kecil campur bubuk coklat dengan air mendidih. Aduk hingga tercampur rata. Masukan vanilla. Tutup dengan plastik wrap.
6. Di dalam mangkok besar, yang kita letakan di atas air yang agak mendidih atau simmering hangatkan telur dan gulanya, sambil di aduk-aduk jangan sampai telurnya curdled ataupun matang. Kocok telur dan gula tersebut hingga volumenya 3x lipat, kemungkinan besar lebih dari 10 menit.
7. Ambil sekitar 2 gelas kocokan telur, masukan ke dalam campuran bubuk coklat dan air yang telah kita siapkan terlebih dahulu.
8. Saring terigu, sambil di masukan ke dalam sisa kocokan telur, aduk lipat balik cepat-cepat hingga terigu tercampur rata. Kemudian masukan campuran coklat tadi, dan terakhir masukan beurre noisette dengan cara masukan setengahnya terlebih dahulu, kemudian setengahnya lagi. Aduk hanya hingga tercampur saja, Jangan terlalu lama mengaduknya.
9. Panggang selama 30-35 menit atau kalau kue sudah terlihat memisah dari pinggiran loyang berarti sudah matang, hindari membuka oven sebelum matang.
10. Angkat lepaskan dari loyang, letakan di atas rak pendingin kue.
Untuk membuat syrup.
Sama caranya dengan yang di atas. Tetapi kita hanya butuh 165 ml.
Catatan :
Kalau mau pakai liquer, bisa di tambahkan liquer di syrupnya. Sebanyak 2-3 sdm atau lebih
From my kitchen to your kitchen, baking with love.
O iya génoise bacanya jenwaz hehe..
Kue ini sebagai dasar untuk membuat tart ya bukan untuk di makan begitu saja

https://web.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1051677571598253/

Loading...

#Langsungenak #ResepLangsungenak #KomunitasLangsungenak #FBGroupLangsungenak #LEGenoiseCake

0/5 (0 Reviews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here