#reseplangsungenak

Resep cake ini adalah resep cake paling dasar buat saya, dijamin pasti jadi, dijamin endeus dijamin gampang. Tanpa penambahan bahan pengembang apapun dijamin pasti jadi, hanya perlu tambahkan vanili bubuk untuk mengurangi aroma amis telur.
Dasar membuat cake adalah tepung, gula, telur, dan margarin. Menggunakan 4 bahan ini saja kita sudah bisa membuat cake sedap teman minum kopi atau teh di pagi hari.
Mari kita langsung ke resepnya

Cake Dasar
by : Arrey

Untuk ukuran loyang 20X20X7
Bahan :
4 butir telur utuh suhu ruang (total berat 1/4kg)
200 gr gula pasir
200 gr margarin (saya: blueb*nd cak* and co*kie)
200 gr terigu segiti*a
1/4 sdt vanili bubuk
100 gr keju cheddar parut untuk taburan

READ  Apem Nasi by Desi Yusnirawati

Cara buat :
• oles loyang dengan margarin tipis tipis di bagian dasar dan dinding loyang, taburi tepung dan hentakkan sisa tepung untuk dibuang, tanpa dialasi kertas roti, cake tidak akan lengket. Sisihkan.
• lelehkan margarin, cukup lelehkan jangan sampai bergolak. Sisihkan.
• ayak terigu, Sisihkan.
• panaskan oven kurang lebih 10 menit, sembari kita bersiap untuk mengocok adonan cake.
• mixer telur, gula, vanili, menggunakan speed 1 sampai gula larut sempurna, naikkan ke speed 3 dan mixer sampai kental berjejak kurang lebih 10 menit tergantung mixer masing masing ya.
• turunkan kecepatan mixer ke speed 1, masukkan tepung dalam 3 tahap, aduk rata, matikan mixer.
• gunakan spatula, masukkan margarin, gunakan teknik aduk balik agar adonan tercampur dengan baik, pastikan margarin tidak mengendap dibawah (margarin yang mengendap dibawah dan kurang bercampur rata membuat cake bantat dan lemak berkumpul dibawah).
• tuang ke loyang, taburi keju parut, oven dengan suhu 170°C selama 30-40 menit, gunakan api bawah, di 3 menit terakhir gunakan api atas, agar bagian atas juga kering, test tusuk untuk mengetahui tingkat kematangan, sesuaikan dengan oven masing-masing ya.
• setelah matang, keluarkan dari loyang, letakkan di cooling rack, biarkan dingin siap dinikmati, namun terkadang anak-anak tidak sanggup menunggu cake mendingin, jadi panas-panas pun saya potong.

READ  Brownis cupcake by Christina

Note :
Source: resepkoki
Teknik aduk balik caranya spatula dijalankan dari atas, memotong adonan di bagian tengah hingga menyentuh dasar mangkuk, kemudian menyusuri dasar mangkuk ke arah belakang, kembali ke atas sambil adonan dibalik atau ‘dilipat’ ke depan. Gerakannya seperti membalik atau melipat adonan. Teknik pengadukan ini membuat udara dalam adonan yang ringan tidak keluar lagi meskipun diaduk rata.

https://web.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/3217201721712483/

simak kreasi kue kami yang lain di sini

 

4/5 (1 Review)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini