#RESEPLANGSUNGENAK

Hai semua..
Ijin share dessert tradisional yang cocok banget untuk menu sarapan ataupun kudapan di sore hari. Bubur ini enak banget, rasanya lembut, gurih dan manisnya juga pas. Bikinnya juga mudah, cocok untuk ide jualan dan usaha.

BUBUR SUMSUM PANDAN CANDIL MUTIARA | BUBUR MADURA | JAJANAN TRADISIONAL JENANG GRENDUL CAMPUR
By Cita Febrina

Bahan Bubur Mutiara:
1000 ml Air Putih
100 gr Sagu Mutiara
3 sdm Gula Pasir

Bahan Bubur Sumsum Pandan Sutera:
1000 ml Santan Encer
100 gr Tepung Beras
1/2 sdt Garam
1 lembar Daun Pandan
1/2 sdt Pasta Pandan
1/2 sdt Pewarna Kuning

Bahan Bubur Candil/Jenang Grendul:
200 gr Tepung Ketan
150-200 ml Air Putih Hangat
2 sdm Tepung Beras
1/2 sdt Garam

Kuah:
500 ml Air Putih
150 gr Gula Merah
1 lembar Daun Pandan
2 sdm Tepung Tapioka
100 ml Air Putih

Kuah Santan:
200 ml Santan Kental
1 sdm Tepung Beras
1 lembar Daun Pandan
1/4 sdt Garam

Cara Membuat:

  1. Bubur Mutiara:
    Masak air, setelah mendidih masukkan sagu mutiara. Masak 5 menit, lalu setelah 5 menit matikan kompor dan tutup pancinya lalu biarkan 30 menit. Setelah 30 menit, masak kembali sekitar 7menit hingga matang dan bening. Setelah matang, campurkan dengan gula pasir. Sisihkan.
  2. Bubur Sumsum Pandan Sutera:
    Siapkan panci, masukkan tepung beras dan garam. Lalu tuang santan secara bertahap, jangan sekaligus ya agar hasil bubur sumsumnya lebih lembut. Aduk rata hingga santan tercampur, tambahkan daun pandan, pasta pandan dan pewarna kuning agar warnanya lebih cantik. Setelah tercampur rata nyalakan kompor dengan api sedang cenderung kecil, selama proses memasak harus terus diaduk agar hasilnya tidak menggumpal. Masak terus sampai tanak dan teksturnya mengental. Setelah matang, sisihkan dan biarkan agar tekstur lebih padat.
  3. Jenang Grendul/Candil:
    Campurkan tepung ketan, tepung beras dan garam. Tuang air sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dipulung. Setelah tidak menempel ditangan, bentuk bulat adonan sebesar kelereng, sisihkan. Rebus air, gula merah dan daun pandan. Masak dengan api kecil sampai gula larut. Setelah mendidih masukkan adonan grendul yang sudah dibulatkan. Masak hingga matang dan mengapung. Ambil satu adonan dan tes kematangan, jika sudah tidak terasa rasa tepung mentah, masukkan larutan tapioka yang dicampur dengan sedikit air. Masak hingga mengental, untuk tingkat kekentalan sesuaikan dengan selera masing-masing.
  4. Kuah Santan:
    Rebus santan, garam dan daun pandan. Masak di api kecil sambil terus diaduk agar santan tidak pecah. Setelah mulai keluar buih di pinggiran panci, masukkan larutan tepung beras yang sudah dicampurkan dengan sedikit air. Aduk hingga mengental dan mendidih, lalu matikan dan dinginkan.
  5. Siapkan mangkok, tata bubur sumsum, bubur mutiara dan jenang grendul. Siram dengan kuah santan, jika suka tambahkan dengan sirup gula merah. Dibawah saya sertakan juga link untuk video resepnya ya, selamat menonton

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/3812728925493090/

baca juga resep bubur kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here